Pemkot Tanjungbalai,Peringati HPSN 2020. Peringati HPSN 2020,



T.BALAI (SHR).
Pada hari ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bersama Lintas sektoral dan elemen masyarakat mengikuti aksi gotong royong membersihkan aliran sungai Asahan. 

Sebelumnya, seluruh peserta mengikuti apel kegiatan aksi gotong royong bersama dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Tanjungbalai Tahun 2020 dengan Tema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera" di lapangan Sepak Bola jalan garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai (Rabu, 26/2/2020)

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 500 peserta dan diselenggarakan oleh Lanal TBA. Adapun pejabat Kegiatan Apel Gotong-royong adalah Penerima Apel Dan Lanal TBA Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS), Perwira Apel Kapten Laut Bentar Arif, Pengambil Apel Kapten Laut Philipus. 

Dalam amanatnya, Dan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) menyampaikan ucapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, marilah kita iringi dengan do'a dan harapan sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat ridho dari allah swt, sehingga apa yang menjadi harapan dan tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.

21 Februari 2005, yaitu 14 tahun yang lalu, telah terjadi tragedi longsor sampah di tempat pembuangan akhir sampah Leuwigajah Jawa Barat. Penyebab longsor tersebut, diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas metana. Dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini, yang mengambil Tema Indonesia "Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera" segenap masyarakat Kota Tanjungbalai yang didukung Oleh Forkopimda, TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah, Tim Penggerak PKK Kota Kanjungbalai, Komunitas Barisan Anti Plastik (Komunitas Batik), Himpipsos, OKP dan Relawan Pecinta Lingkungan se Tanjungbalai.

"Dalam HPSN 2020 tahun ini di Kota Tanjungbalai, kita menyelenggarakan gotong royong pembersihan sungai untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai
Permasalahan sampah yang menjadi persoalan serius dan multidimensial, sehingga diperlukan Resonansi kepedulian persolan sampah secara terus menerus"

Marilah kita menjadikan HPSN Tahun 2020 ini agar berfungsi sebagai sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas bahwa diperlukan kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat. Melalui pengelolaan sampah yang dimulat dengan mengatasi permasalahan sampah tersebut dimulai dari sumbernya. Edukasi tersebut seperti contoh inisiatif untuk mendukung acara ini dengan menyediakan snack dan makanan minim sampah seperti makanan jagung dan kacang rebus, sebut Dan Lanal TBA 

Untuk berpartisipasi dalam bank sampah dan pembuatan kompos dari sampah. Kita bersama menyadari bahwa Pemerintah memiliki keterbatasan sumberdaya untuk menuntaskan pengelolaan persampahan sebesar 100% sesuai dengan target pemerintah pada Tahun 2025. Oleh karena itu, momentum HPSN Tahun 2020 ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan peran aktif dan pemerintah, sinergi membangun lmasyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah yang lebih baik yang Kota Tanjungbalai sehingga Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis dapat kita wujudkan bersama. 

Pada kesempatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, Kami mengajak kita semua agar kiranya dapat berperan sesuai dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing untuk membangun dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut dapat dimulai dari setiap pribadi, lingkungan keluarga, sampai yang lebih luas pada lingkungan sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Bersih seperti diamanatkan Instruksi Presiden nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental khususnya berkaitan dengan program Gerakan Indonesia bersih. 

Terimakasih juga khusus Kami apresiasikan untuk petugas kebersihan Kota Tanjungbalai, petugas penyapu jalan, petugas pengangkut sampah, petugas pengkorekan parit dan segenap karyawan kebersihan pada Dinas Pingkungan Hidup Kota Tanjungbalai atas sumbangsihnya menjaga kebersihan Kota kita tercinta. Kepada kita semua marilah kita bekerja dan berbuat dalam mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai dengan segala keikhlasan. 

Mudah-mudahan apa yang kita perbuat selama ini akan bermanfaat untuk masa yang akan datang dan insya Allah merupakan amal tak terputus dihadapan allah SWT, paparnya

Dan sebagai penutup, marilah kita kembali bersama-sama berdoa untuk Para korban bencana longsor TPA Leuwigajah dan semoga bencana serupa tidak terjadi di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Amin ya robbal alamin, tutup Dan Lanal Letkol Dafris. 

Kegiatan gotong royong dan bersih-bersih di bagi dalam 4 Zona yakni Zona 1 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di Jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung ke aliran Sungai Water Front City di Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Zona 2 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung sampai ke aliran sungai yang berada di bawah Titi Gantung Kapias jalan Yos Sudarso Kelurahan Betung Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Zona 3 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung sampai ke aliran Sungai Esdengki Kelurahan Keramat Kubah Kecamatan Sei Tualang Raso dan Zona 4 Membersihkan sampah yang berada di darat di Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung.

Acara yang berlangsung selama satu hari tersebut diisi dengan kegiatan diantaranya kegiatan edukasi pungut sampah di sepanjang aliran sungai dengan menggunakan perahu karet dan terkumpul sampah berupa Daun Kelaya, botol minuman plastik, Pempes bayi, Batang kayu, Limbah rumah tangga seperti bekas sisa sayur, Kantong plastik, botol minuman kaleng dan penutup atas sampan perahu ( terpal ) yang semuanya diangkut menggunakan truk sampah Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Tanjungbalai dan dibawa ke TPA.

Kegiatan Bersih Sampah memperingati HPSN ini diikuti oleh berbagai unsur elemen masyarakat yang terdiri dari unsur Forkopimda, TNI AD dan TNI AL, Polres Tanjungbalai dan Kompi Brimob, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK Kota Kanjungbalai, Komunitas Barisan Anti Plastik (Komunitas Batik), Himpunan Pemuda Islam Peduli Sosial (HIMPIPSOS), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Relawan Pecinta Lingkungan Se Kota Tanjungbalai.(Arsito)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar