Kapolres Tanjungbalai Ajak Wartawan Komitmen Wujudkan Situasi Kondusif



T.BALAI (SHR).
Kapolres Tanjunggbalai, AKBP Putu Yudha Prawira mengajak insan pers (wartawan) bersinergi menciptakan suasana aman dan kondusif, baik dijajaran kepolisian mau pun secara umum dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres dalam acara silaturahmi Pejabat Utama (PJU) di jajaran polres Tanjungbalai bersama wartawan unit polres, Rabu (9/10) di Aula Pesat Gatra, polres setempat.

Kapolres menyatakan tidak alergi atau anti dengan wartawan, karena wartawan adalah mitra kerja polisi yang bisa membuat berita negatif atau positif tentang kinerja polisi.

"Kami membutuhkan publikasi tentang capaian kinerja dan program. Untuk kondusifitas dan kebaikan bersama, hendaknya diantara kita saling bersinergi. Bantu kami dan mari kita bangun komitmen agar polisi dekat dengan masyarakat, termasuk wartawan," ujar AKBP Putu Yudha Prawira.

Kapolres melanjutkan, seorang polisi tidak lepas dari kesalahan baik secara pribadi mau pun dalam bertugas. Akan tetapi, wartawan hendaknya tidak mencari-cari kesalahan tanpa jelas sumber atau faktanya.

Demikian juga dalam hal pemberitaan terkait kinerja polisi, wartawan diharapkan menyajikan berita seimbang. Bukan berita tendensius bersifat opini tanpa konfirmasi dari pejabat yang bisa memberikan klarifikasi.

"Jangan hanya karena informasi "ninna tu ninna" atau katanya, lalu secara sepihak muncul berita yang menyudutkan polisi. Karena hal itu juga tidak dibenarkan dalam dunia jurnalistik," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, sepanjang disampaikan secara sopan, beretika dan sesuai data, pihaknya akan selalu terbuka dan tetap melayani pertanyaan wartawan dengan baik.

"Harapan saya kita tidak saling menjelekkan, tetap menjaga nilai-nilai kesopanan dan berkomitmen mewujudkan sinergitas antara polisi, khususnya PJU dan wartawan unit di polres ini," kata AKBP Putu Yudha Prawira.

Ketua PWI Kota Tanjungbalai, Yan Aswika menyambut niat baik Kapolres yang mengajak wartawan untuk bersinergi mewujudkan iklim kondusif di daerah setempat.

Sebagai bentuk komitmen, kedepannya diharapkan komunikasi antara PJU dijajaran polres dan wartawan tidak "tersumbat" sehingga suasana kondusif tetap terjaga dan terpelihara.

"Kami (wartawan) sepakat bersinergi dan komit menginformasikan kinerja  jajaran polres Tanjungbalai melalui karya jurnalistik. Namun, hendaknya tidak ada dusta diantara kita," ujar Yan Aswika.

Hadir dalam kesempatan itu, sejumlah PJU di jajaran Polres Tanjungbalai yakni, Wakapolres, Kompol Edi Bona Sinaga, Kasat Reskrim, AKP Selamat Kurniawan Harepa, Kasat Narkoba, AKP Ras Maju Tarigan.

Hadir juga Kasat Intelkam, AKP Jufiter Frans Simanjuntak dan Kasat Polair, AKP Agung Basyuni, Kabag Humas, IPTU A.Dahlan Panjaitan, serta puluhan wartawan media cetak, online dan televisi.(Yunah.R).
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar