Lembaga Pemantau Kinerja Polri, Apresiasi Kapoldasu Dalam Rekrutmen Anggota Polri Di Sumut






Medan, (SHR)  Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni Lembaga Pemantau Kinerja Polri "POLRI WATCH" dan Lembaga Advokasi dan Bantuan untuk Hukum Demokrasi Indonesia ”ABDHI Indonesia” serta Sumarno, Warga Masyarakat Asahan,  memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, SH, MH atas kesuksesan rekrutmen Tamtama, Bintara dan Taruna/Taruni Akpol di Poldasu.

Ketua Umum POLRI WATCH, Ikhwaluddin Simatupang didampingi Sekretaris Umum M.Akbar Siddik Surbakti menyatakan bahwa Polda Sumut pada rekrutmen Tamtama/Bintara/Taruna dan Taruni telah menerapkan Rekrutmen Polri dengan memenuhi Prinsip BETAH :  Bersih, Transparans, Akuntabel dan Humanis serta Clear and Clean.

”Salah satu tolak ukur rekrutmen POLRI oleh Polda Sumut yang telah memenuhi prinsip BETAH, adalah diberikannya penghargaan kepada salah seorang Calon Taruna dari Poldasu atas nama Afgha Satriya Prayoga. Afgha, anak Sumarno, yang berprofesi sebagai wiraswasta, berdomisili di Simpang Empat, Kabupaten Asahan. Afgha memperoleh penghargaan sebagai Peserta Seleksi Calon Taruna Terbaik dalam bidang Tes Kemampuan Manajerial. Tiga Penghargaan lainnya yakni Jasmani, Akademik dan Nilai akhir Pusat diberikan kepada Calon Taruna dari Polda Metro Jaya. “Ini cukup membanggakan", ujar Ikhwaluddin Simatupang.

Sumarno, orangtua Afgha Satriya Prayoga, yang dihubungi terpisah menyatakan bahwa anaknya Afgha Satriya Prayoga sebelum mengikuti seleksi telah mempersiapkan diri sejak memasuki Sekolah Menengah Atas seperti olahraga yang rutin dan belajar keras.

Sumarno menyatakan bahwa ianya telah mengikuti seluruh seleksi Penerimaan Polri di Poldasu sejak pendaftaran hingga pengumuman Panitia Daerah Polda Sumut. Semua dilakukan secara transparan. Tidak ada pengutipan-pengutipan apapun dan tidak ada calo-caloan.

”Proses seleksi di Poldasu saya ketahui Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis serta Clear and Clean. Perolehan nilai peserta seleksi berdasarkan kemampuan masing-masing anak kita. Penilaian seluruh tahapan seleksi sangat transparan diketahui anak kita sendiri dan orangtuanya. Nilai langsung keluar sesaat setelah seleksi, tidak ada yang dapat menambahi atau menguranginya. Karenanya kami sangat berterima kasih kepada Kepala Kepolisian Daerah Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto dan Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol.Iketut Suardana, atas terwujudnya Rekrutmen POLRI di Sumut yang BETAH, clear dan clean", tutur Sumarno.

Adapun daftar nama yang lulus asal Polda Sumut yang diumumkan tanggal 28 Juli 2019 di Akpol Semarang dimana jumlah keseluruhan ada 10, diantaranya 8 Calon Taruna dan 2 Calon Taruni.

Untuk Taruna : 
1. Daniel cristopel Simangungsong,
2. Felix O. Joshua Tampubolon,
3. Thohiro Muhammad Said Dalimunthe,
4. Ginta Barus,
5. Bima Argi Nugroho,
6. Afgha Satria Prayoga,
7. Jonathan Mark Silitonga,
8. Ahmad Syahmuddin Rahmatul Ula Simatupang

Untuk Taruni :
1. Marissa Ferbina br Sinulingga,
2. Vany Patricia Thesaura.

Ketua LSM Lembaga Advokasi dan Bantuan untuk Hukum Demokrasi Indonesia ”ABDHI Indonesia”, Khomaidi Hambali Siambaton, menghimbau kepada masyarakat, terutama putra-putri yang berminat menjadi anggota POLRI agar mempersiapkan kemampuan diri semaksimal mungkin untuk ikuti seleksi dan jangan percaya kepada Calo. Harus percaya kepada kemampuan diri sendiri.

”Seluruh tingkatan proses seleksi Tamtama/Bintara/Taruni/Taruni POLRI Tahun 2019 saya ketahui terlaksana dengan sangat baik. Kemampuan diri sendiri yang menjadi acuan untuk lulus dan terpilih menjadi Tamtama/Bintara/Taruni/Taruni POLRI. Belajar keras, olah raga rutin dan jaga kesehatan adalah modal utama untuk terpilih sembari selalu beribadah", Tandas Khomaidi.

Proses seleksi Aparatur negara seperti yang dilaksanakan POLDASU yang Bersih, Transparans, Akuntabel dan Humanis serta Clear and Clean Sekretaris Umum POLRI WATCH Siddik Surbakti sangat selalu diharapkan masyarakat. Pantas sekali masyarakat Sumut memberikan rasa hormat kepada Kapoldasu Irjen Pol.Agus Andrianto.

“Pemenuhan prinsip BETAH, Clear dan Clean menjadi motivasi yang sangat besar bagi seluruh putera-puteri bangsa ini, khususnya yang di Sumatera Utara untuk mencapai cita-cita sebagai aparatur negara melalui kompetisi yang sangat baik. Ini menjadi awal kelahiran Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya “PROMOTER” seperti yang dicita-citakan Kapolri Jenderal Pol.H. Muhamamad Tito Karnavian", tambah Siddik Surbakti mengakhiri.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.