Kapolres Binjai Memimpin Apel Dalam Rangka (HPSN) Di TPA Kota Binjai



Binjai, (SHR)  Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto SH, SIK, MH, memimpin apel dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Binjai, perbatasan Binjai Timur dengan Kutalimbaru Deli Serdang, Kamis (21/02) pagi.
Hadir pada apel tersebut Wali Kota Binjai HM Idaham, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai M Mahfullah P Daulay, S. STP, MAP, Kadis Lingkungan Hidup dr T Amri Fadli, M. Kes, serta peserta apel dari sejumlah instansi pemerintahan dan kepolisian.
Pada apel HPSN itu, Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto yang akrab disapa Nugi, menyampaikan dua hal maksud dan tujuan dari kegiatan HPSN yang digelar, yakni memupuk silaturahmi dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
“Kebersihan itu sebagian dari iman. Karena itu, mari sama-sama kita jaga kebersihan. Kita mulai dari diri dan tempat kita sendiri, selanjutnya kita laksanakan di tempat umum,” ujar Nugi.
Nugi juga mengimbau untuk menerapkan budaya bersih. Salah satu cara membudayakannya, kata Nugi, dengan cara saling peduli untuk membuang sampah pada tempatnya.
“Apalagi bagi perokok, sudah kebiasaan buang sampahnya sembarangan. Jadi mulai sekarang coba hargai petugas kebersihan dan orang lain dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” seru Nugi.
Nugi juga memberikan contoh dengan menyebut budaya bersih yang diterapkan oleh masyarakat Jepang.
“Pada perhelatan Sea Game beberapa waktu lalu, meski mereka kalah tetapi mereka tetap memungut sampah. Itu bukti kalau budaya bersih di daerah mereka sudah berjalan,” ungkapnya.
Wali Kota Binjai HM Idaham, usai apel HPSN mengatakan, TPA yang dikelola DLH saat ini menggunakan sistem sanitary landfill.
“Sistem ini dipakai agar bau tidak sedap dari pembusukan sampah tidak menganggu masyarakat,” ujar Idaham.
Sementara itu, Kepala DLH Kota Binjai T Amri, menjelaskan sistem sanitary landfill dilakukan dengan cara menimbun sampah dengan tanah.
“Jadi setiap tumpukan sampah yang ketebalan atau ketinggiannya sudah mencapai satu sampai satu setengah meter, akan ditimbun tanah. Sehingga pembusukan sampah yang menimbulkan bau tidak menyebar,” jelasnya.
Pada kegiatan HPSN dengan tema “kelola sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai” itu juga dilaksanakan kurve atau pembersihan di areal TPA. Usai kurve, Wali Kota dan Kapolres meninggalkan lokasi meninjau kegiatan sortir dan pelipatan surat suara di Kemenag Jalan Gatot Subroto, Binjai Barat.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar