Bupati Serdang Berdagai Menghadiri Acara HPSN Tahun 2019 Di TPA Di Desa Sei Parit


Sergai, (SHR) Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman menghadiri acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019. Pada tahun ini, peringatan HPSN di Sergai digelar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah, Kamis (21/2/2019).

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, S.IK, M.Si, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin SE MTr (Han), Pabung 02/04 DS Mayor Inf m Sirait, Camat, Kepala Desa serta puluhan pasukan Polres Sergai.

Bupati Sergai Ir H Soekirman memaparkan pada tanggal 21 Februari 2019 ini adalah Hari Peduli Sampah Nasional, kita di Sergai membangun pengetahuan tentang kondisi persampahan di lingkungan kita, dengan cara melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dalam satu hari tidak kurang 31 Ton sampah yang di buang ke TPA ini, sampah-sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, domestik dan perusahaan rumahan lainnya hanya di buang begitu saja di TPA ini tanpa diolah terlebih dahulu.

Pengetahuan itu perlu, pada hari ini kita melihat kondisi TPA kita itu sudah kelebihan muatan melebar keatas dan kesamping, sehingga ini akan menjadi bahan pemerintah melakukan upaya dalam mencari lahan baru,"sebutnya.

Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, mengatakan kegiatan ini sengaja dilakukan di TPA dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar peduli dengan sampah karena sumber sampah berasal dari : sampah yang berasal dari rumah tangga, pertanian, perdagangan perkantoran dan industri. Selain itu juga sampah berasal dari sisa bangunan dan konstruksi gedung, jalan raya, kegiatan pertambangan  dan peternakan perikanan.



"Lokasi dan pengelolaan sampah yang tidak terkontrol akan dapat menjangkitkan penyakit seperti diare, korela, tyfus dan lainnya sehingga dapat berdampak pada lingkungan dengan memunculkan aroma tidak sedap sementara lingkungan merupakan bagian dari integritas kehidupan manusia yang harus dipandang sebagai salah satu komponen ekosistem yang memiliki nilai untuk dihormati, dihargai dan dijaga kelestariannya,"terangnya.
 Pada peringatan HPSN mengajak semua elemen masyarakat untuk menghargai kehidupan bersama, merasa memiliki tanggungjawab moral terhadap alam semesta serta mencintai menyayangi dan melestarikan alam dan isinya karena manusia diciptakan bertanggungjawab dalam kebersihan lingkungannya.


Di sela sela acara Bupati Sergai Ir H Soekirman meninjau beberapa sungai dan parit yang terdapat di sekitar TPA tersebut dan juga meninjau areal belakang TPA dengan mengendarai Sepeda Motor.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau Pabrik Pengolahan Limbah Plastik yang berada di Desa Penggalangan Kecamatan Sei Bamban. (Ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.