Muslimah Ahmadiyah Kebayoran Mengadakan Pelatihan bagi Guru-guru PAUD

Jakarta,SHR - Pada hari Senin sore menjelang maghrib, tiba-tiba datang sms dari Bu Bambang, beliau adalah pengurus Sekolah PAUD Bungur Komplek Kostrad Kebayoran Lama Selatan.
Beliau meminta secara khusus kepada tim psikologi Muslimah Ahmadiyah Kebayoran untuk mengisi acara pertemuan guru-guru PAUD bertempat di Sekolah PAUD SOKA lingkungan RW 12. Kami pun menyanggupinya dan segera menyiapkan materi yg akan disampaikan besok.
Tepat pukul 13.20 kami tiba di sekolah tersebut, dimana peserta sudah banyak yg hadir ada 92 orang guru dan pengurus PAUD dan SPS se-Kecamatan Kebayoran Lama yg berjumlah 62 Sekolah, beserta 2 orang wakil dari kecamatan, selaku pembina PAUD. SPS adalah singkatan dari Sekolah Paud Sejenis. Acara ini pun dimulai tepat pada pukul 13.30 WIB diawali dengan beberapa sambutan.
Ibu Parindrati Alto Omar, M.Psi, anggota Muslimah Kebayoran sekaligus Sekretaris Tabligh LI Kby menyampaikan paparannya tentang : Basic Training for Teachers, khususnya dalam menghadapi anak-anak Berkebutuhan Khusus dan mengalami kesulitan/hambatan dlm belajar.
Ibu Parind memaparkan 4 aspek tumbuh kembang anak yakni : Physical Dev., Cognitive Dev., Language & Communication Dev. serta Social Emotion Dev.
Apabila anak memiliki 1-2 hambatan masih dianggap normal, sesuai usianya, tetapi apabila ia mempunyai 3 poin hambatan di atas, berarti anak sudah harus mendapatkan penanganan secepatnya.
Salah satu ciri2 ABK yg dijelaskan yaitu antara lain :
1. Autistic Spectrum Disorder (ASD)
2. Asperger Syndrome
(Autis Ringan)
3. Rett’s Syndrome
4. CDD (ABK setelah terjadi benturan/kejang-kejang/step di masa pertumbuhan)
5. PDD NOS
Sebelum paparan dilanjutkan diadakan sesi tanya jawab. Para peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan dijawab langsung oleh ibu Parind dan tim.
Ibu Parind kemudian melanjutkan paparan mengenai Kesulitan Belajar pada Anak. Ada anak-anak yang mempunyai hambatan dalam kegiatan belajar mengajarnya, yaitu diantaranya :
1. Disleksia – Kesulitan dalam membedakan huruf-huruf.
2. Disgraphia – Sulit dalam menggambar, kaku, kesulitan dalam memegang alat tulis (pencil dan pulpen)
3. Discalculia – Anak susah untuk belajar berhitung
4. Dispraksia – Sulit dalam koordinasi antara gerakan-gerakan tubuh, sulit koordinasi antara pikiran dan apa yg diucapkan, dll.
5. Aphaxia – Anak mengalami kesulitan di dalam berbicara/ berkomunikasi
Lalu dilanjutkan kembali sesi tanya jawab. Acara pun tidak terasa harus diakhiri pada pukul 15.30 WIB. Alhamdulillaah para peserta merasa bertambah ilmunya, baik sebagai pendidik di sekolah maupun sebagai orang tua di rumah.
Setelah berfoto bersama, sebagian besar para peserta meminta nomor ‘hand phone’ tim Konselor Al-Hidayah, karena mereka ingin mengundang kami secara berkala untuk pendampingan bagi sekolah2 PAUD, dan ke depannya akan dibuat pelatihan-pelatihan bagi guru agar pola pendampingan menjadi semakin efektif. Dan bagi PAUD yang mempunyai banyak siswa akan dilaksanakan tersendiri, langsung di lokasi PAUD sekolah tersebut
Tim Psikolog/konselor Muslimah Ahmadiyah Kebayoran :
1. Ny. Parindrati Alto, M.Psi
2. Ny. Erni Raheela
3. Ny. Monica
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276