Menkumham RI Yasonna Laoly Kunjungi Rutan Kelas II B Labuhan Deli


LABUHAN, Menkumham RI (Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia), Yasonna Hamonangan Laoly SH, Msc, Phd, didampinggi Kakanwil kemenkumham Sumut, Priyadi BC. Ip, M. Si dan rombongan kunjungi Rutan Klas II B Labuhan Deli, Sabtu (17/11/2018) sekitar pukul 10.00 wib.

Kehadiran orang nomor satu di kemenkumham  itu, langsung disambut Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, Amd IP, SH, MH, lalu disambut barisan penghormatan oleh petugas rutan yang dipimpin Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Erwin Siregar.

Amatan awak media ini, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI Yasona Laoly menyempatkan waktunya melakukan pengecekan beberapa pelayanan dan fasilitas didalam rutan bahkan juga sempat melakukan dialog dengan pengunjung yang datang menjenguk keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) serta berdialog kepada WBP didalam Blok di Rutan tersebut.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Menkumham itu menyebutkan kedatangannya kerutan labuhan deli untuk melihat suasana didalam rutan, "dari amatan saya tadi didalam, saya melihat disini ada banyak perbaikan dan perubahan jika dibanding waktu kedatangan saya yang pertama kemari pada tiga tahun yang lalu saat bersama wartawan Mata Najwa", ucapnya.

Kembali disebutkanya, saya betul-betul mau melihat betul-betul fasilitas, cara bertamu, kalau persolan over kapasitas (melebihi daya tampung), itu memang menjadi persoalan disemua lapas dan rutan dan tetap akan kita cari solusinya, seperti dirutan ini dari daya tampung 400 orang kini dihuni 1400 orang lebih.

"Sama seperti di daerah atau propinsi lainnya, di sumatera utara juga lapas dan rutan sudah sangat padat dihuni napi atau tahanan dan pada umumnya dihuni para napi atau tahanan yang tersangkut kasus narkotika, saat ini kita juga kembali berencana akan membahas undang-undang tentang narkotika, saya mau tahu bagaimana penanganananya dan akan memberikan masukan bagaiamana penanganan kasus-kasus narkotika sebab idealnya memang pemakai narkotika itu harus direhabilitasi", ungkapnya.

Hasil kunjungan saya tadi kedalam rutan saya melihat bagaimana pelayanan disini, bagaimana fasilitas dan bagaimana kondisi napi disini, saya senang melihatnya sebab semua berjalan dengan baik, namun tidak cukup sampai disitu petugas rutan disini juga harus lebih fokus dan waspada agar jangan sampai ada jaringan narkotika didalam, tegasnya.

Dalam kunjungan Kemenkumham RI tersebut,  juga tanpak dihadiri Kapolsek Medan Labuhan Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto.(Red/Ariel)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.