Wadir Binmas Polda Sumut Sosialisasikan Terkait Saber Pungli di PDAM Tirtanadi



Medan, (SHR) Wadir Binmas Polda Sumut Drs. Parluatan Siregar. SH. MH. menghadiri acara sosialisasi  pencegahan pungli kepada pegawai di lingkungan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut. Pejabat yang menghadiri sosialisasi tersebut antara lain  Dirut PDAM Tirtanadi Sukdi Raharto.ST dan Direktur Adm dan Keuangan  Ir. Arif Haryadian M.si dan Direktur Air Minum  Ir. Delfiandri M.Psi serta Ketua FKUB Sumut DR H Maratua Simanjuntak. Sosialiasi juga dihadiri kurang lebih 100 orang pegawai divisi sekretaris perusahaan, SPI keuangan, PLT, ULP, dan PKB.
Dalam sosialisasi saber pungli di PDAM Tirtanadi, Wadir Binmas Polda Sumut Drs. Parluatan Siregar. S.MH mengingatkan bahwa pungli yang biasa ditemui dalam keseharian merupakan pelanggaran hukum. Untuk itu AKBP Siregar meminta masyarakat untuk tidak menjadikannya sebagai budaya dan muncul kemauan untuk saling mengingatkan kepada rekanan kerja dan apabila tetap marak terjadi segera melaporkan oknum yang melakukan.
“Tim saber pencegahan pungli berharap tak hanya Kepolisian yang aktif, tapi juga unit pungli di masing-masing kementerian dan lembaga untuk lebih masif melakukan pencegahan dan penindakan.” ujar AKBP Siregar.
Upaya pemberantasan pungli sendiri bukanlah hal yang mudah. Apalagi perihal pungli seakan telah menjadi hal yang lumrah. Bahkan telah tersistimatis dan seolah-olah merupakan bagian dari prosedur dari sebuah proses kegiatan. Selain itu pungli indentik dan dihubungkan dengan para aparatur negara baik ditingkat struktur paling bawah sampai tingkat atas.
“Melihat kondisi ini, maka menjadi tugas bagi aparatur untuk meluruskan segala bentuk pemahaman yang salah yang berkembang di masyarakat. Bersihkan diri kita dan layani masyarakat dengan baik dan ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu imbalan.” lanjut AKBP Siregar dalam sosialisasi tersebut.
AKBP Siregar menyampaikan pencegahan pungli bisa dilakukan dengan melakukan pemberdayaan peningkatan kapasitas di seluruh layanan publik termasuk petugas dan sarananya.
“Masyarakat juga harus diberi pemahaman, kebiasaan dan kemampuan intelijen untuk bisa membantu para tim saber pungli ini.” jelas Beliau.
“Faktor pnyebab pungli antara lain faktor jabatan dan  wewenang yg dimiliki, faktor mental karakter / kelakuan, faktor ekonomi, faktor kultural & budaya organisasi, terbatasnya sumber daya manusia serta lemahnya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasan.” jelas Wadir Binmas tersebut.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Secara keseluruhan acara berlangsung dengan lancar, dan para peserta tampak antusias mengikuti sosialiasi tersebut.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276