Ahmadiyah Rayakan Hari Khilafat Bersama Sahabat Lintas Iman

Medan,SHR - Jemaah Ahmadiyah Medan mengadakan acara ‘bukber’ dengan beberapa tokoh masyarakat dan sahabat lintas Iman. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari ASB (Aliansi Sumut Bersatu), YIPC Medan (Youth Interfaith Peacemaker Community), dan FITRA (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran). Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan hubungan baik dengan sahabat lintas Iman dari berbagai komunitas yang diundang.
Acara ‘bukber’ dan silaturahmi ini juga dalam rangka merayakan tasyakur 110 tahun Khilafat Ahmadiyah. Dalam ceramahnya menjelang acara ‘bukber’, Maulana Idris menjelaskan bahwa Khilafat Ahmadiyah yang sudah berusia 110 tahun ini adalah bukan Khilafat politik melainkan Khilafat ruhani saja. Sehingga berdirinya Khilafat Ahmadiyah tidak membutuhkan wilayah teritorial melainkan hanya dipimpin oleh seorang Khalifah ruhani (spiritual leader) saja. Maulana Idris juga menambahkan bahwa ketaatan kepada pemerintah yang sah adalah wajib bagi para pengikut Ahmadiyah dimanapun mereka berada. Hal ini juga merupakan petunjuk dari Rasulullah s.a.w bahwa cinta tanah air adalah bagian dari keimanan.
Khilafat Ahmadiyah juga memberikan sumbangsih dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Saat itu Khalifah Ahmadiyah yang kedua, Hadhrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad memerintahkan kepada seluruh Ahmadi di dunia untuk berdoa dan berpuasa rutin Senin dan Kamis demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Dan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Khalifah Ahmadiyah yang kedua meminta seluruh Muballigh Ahmadiyah yang tersebar di seluruh dunia untuk menggaungkan berita kemerdekaan ini supaya banyak negara-negara yang lain juga turut mengakui kemerdekaan Indonesia. Sehingga, salah seorang Muballigh Ahmadiyah, Sayyid Shah Muhammad mendapatkan penghargaan dari pemerintah RI atas jasanya menyebarkan berita kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia dalam bahasa Urdu dan Inggris.
Konsep Khilafat Ahmadiyah yang demikian ini membentuk karakter para pengikut Ahmadiyah yang mengedapankan akhlak yang baik, tidak hanya memperkuat hubungan dengan Allah namun juga dengan sesama manusia, menjadi duta-duta perdamaian, dan warga negara yang patuh dan taat kepada pemerintah yang sah.
Dalam sambutannya, Heri Syahputra dari ASB menyampaikan terima kasih atas undangannya dan mengharapkan untuk melanjutkan kerja sama dengan Ahmadiyah demi kemaslahatan sesama manusia. Perwakilan dari YIPC menyampaikan hal yang senada sesuai dengan tujuan dibentuknya komunitas tersebut untuk mengupayakan perdamaian, maka event seperti ini perlu untuk terus dilaksanakan dengan mengembangkan dialog antar komunitas lintas iman untuk membangun kerukunan dan toleransi.
Pada kesempatan ini hadir empat puluh lebih sahabat dari lintas Iman. Termasuk perwakilan dari Intel POLDA Sumut, Kompol Sami’un dan satu orang anggotanya. Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan ramah tamah antar anggota Jemaat Ahmadiyah Medan dengan para tamu yang hadir. ( Has )
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.