Polsek Patumbak Berhasil Ungkap Empat Pelaku Perampokan Dan Dilumpuhkan 3 Pelaku Berusaha Melarikan Diri



Medan, (SHR) Personel Polsek Patumbak berhasil mengamankan empat orang pelaku perampokan, di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Sabtu (24/4/2018) sore. Dari penangkapan tersebut, 3 orang pelaku terpaksa dilumpuhkan polisi dengan tembakan, karena saat ditangkap berusaha melarikan diri.
Kanit Reskrim Polsek Patumbak Iptu Ainul Yaqin, Selasa (24/4/2018) mengatakan, keempat pelaku tersebut masing-masing Haikal (47) warga Brayan Bengkel Tanjungmulia, Toge Silaban (50) warga Rangkul, Gang Mulio, Kecamatan Medan Tembung, Marudut Sihombing (40) warga Keresahan, Kabupaten Simalungun, dan Leo Dumoli Manulang (51) warga Jalan Selamat Ketaren. Ia menyebutkan, mereka ditangkap, berdasarkan surat laporan bernomor LP/26/IV/2018/Sek Patumbak dengan korban bernama Ramot Boru Butarbutar warga Jalan Udin Sutan, Kabupaten Batubara.
"Waktu itu korban dan cucunya sedang naik angkot dari Simpang Amplas menuju Mandala. Namun sesampainya di Jalan Sisingamangaraja persis di simpang Alfalah, korban ditawari seorang pelaku obat dan urut. Lalu secara paksa mengambil cincin emas dari jari tangan korban hingga terluka dan selanjutnya pelakunya melarikan diri," ungkapnya kepada wartawan.
Mendapat laporan dari korban, personel Polsek Patumbak langsung melakukan Lidik dan diketahui kalau di bawah Fly Over Amplas menjadi tempat mangkal para tersangka. Hasilnya, kata Yaqin, terlihat tiga pria yang selama ini menjadi target sedang menaiki angkot dan diikuti satu unit mobil jenis Daihatsu Xenia.
Mengetahui hal itu, sambung Yaqin, tim mengikuti target dari belakang. Sampai di Simpang Limun seorang target turun dari angkot dan lansung naik ke mobil pribadi (Xenia) yang mengikuti dari belakang.
"Tim langsung memepet mobil tersebut dan ketika tim menyergap, kedua pelaku langsung lompat dan melarikan diri. Saat pengejaran pelaku sempat diberi tembakan peringatan namun tetap lari, sehingga dengan terpaksa diberikan tembakan terarah dan terukur yang mengenai kaki seorang tersangka," jelasnya.
Dikatakan Yaqin, selanjutnya tim kembali ke mobil guna melakukan pengejaran pada dua orang tersangka lainya. Ketika sampai di dekat Taman Makam Pahlawan tim mendekat ke angkot yang ditumpangi kedua tersangka.
"Keduanya juga melompat dan lari setelah dilakukan tembakan peringatan. Sehingga kita kembali terpaksa melalukan penembakan," ujarnya.
Yaqin menyebutkan, dari keempat tersangka, hanya Leo saja yang tidak ditembak. Selanjutnya tiga tersangka yang dilumpuhkan dengan timah panas dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapat perobatan.
Dari keempat tersangka Yaqin mengaku pihaknya berhasil mengamankan lima lembar uang pecahan Rp100 ribu, 26 lembar selebaran brosur pengobatan atau kusuk Tarafy dan Totok Saraf, sebuah pisau, dan satu unit mobil Daihatsu Xenia BK 1107 ZP warna silver.
"Ternyata keempat pelaku sudah lima kali melakukan kejahatan dengan modus yang sama di wilayah hukum Polsek Patumbak. Dan kurang lebih telah melakukan perbuatan yang sama masing-masing 25 kali yaitu di daerah Amplas, Pinangbaris dan Binjai," pungkasnya.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276