Seminar Deradikalisasi di Kairo, Dubes RI : Jauhkan Radikalisme yang Membajak Agama

Terorisme adalah kejahatan trans-nasional yang mengancam keselamatan umat manusia di manapun di belahan bumi ini. Untuk itu diperlukan adanya  kerja sama masyarakat dunia internasional untuk memberantas radikalisme yang mengarah kepada tindakan teror. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar RI di Cairo, Helmy Fauzy dalam sambutannya membuka Seminar deradikalisasi di Auditorium Sheikh Ibrahim Hamrush Universitas Al-Azhar, Kairo- Mesir.
“Pemberantasan terorisme tak bisa dilakukan oleh sendirian negara pernegara, karena terorisme adalah kejahatan transnasional” kata Helmy Fauzy.
Dubes RI untuk Mesir ini menambahkan bahwa dalam mengatasi terorisme di tingkat nasional, Indonesia, generasi muda apalagi mahasiswa Al-Azhar merupakan ujung tombak terdepan di dalam melakukan langkah-langkah pencegahan munculnya pemikiran radikal dan meluruskan pemahaman Islam yang diselewengkan serta mengarah kepada radikalisme.
Dalam seminar yang diselenggarakan oleh PCINU Mesir bekerja sama dengan KBRI Cairo dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tersebut memilih tema, “Kenapa Harus Radikal: Masalah dan Solusinya” pada 1 Maret 2018. Dalam seminar tersebut, Dubes Helmy Fauzy menghimbau kepada mahasiswa Al-Azhar untuk berpartisipasi di dalam mengcounter berbagai hoax yang mengarah kepada menyebarnya fitnah di media sosial.
Tampil di dalam seminar tersebut sebagai nara sumber adalah, 1) Ahmad Faris Basya, S.S.I, 2) Alfan Chumaidi, Lc, 3) Irjen (Pol) Hamidin, Deputi Bidang Kerja sama luar negeri BNPT, 4) Brigjen (Mar) Yuniar Ludfi, Direktur Perangkat Hukum Internasional, 5) Brigjen (Pol) Hamli, Direktur Pencegahan BNPT.
Seminar sehari dihadiri juga oleh Pejabat dan Staf KBRI Cairo, Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir.) ( JJn )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276