Memperingati Hari Air Sedunia ke-26, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara II Bersama Go River Menggelar Aksi Penanaman Pohon Dan Sarasehan

Medan, (SHR) Memperingati Hari Air Sedunia ke-26 yang jatuh pada tanggal 22 Maret lalu, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara II bersama Go River
menggelar aksi penanaman pohon dan sarasehan di Avros Park Jalan Avros, Medan, Rabu (28/3/2018).
Aksi ini merupakan bagian dari perayaan tahunan dan sekaligus menarik perhatian global mengenai pentingnya air bagi kehidupan.

Sarasehan yang bertema Pembinaan Kemitraan Percepatan Perlindungan dan Optimasi Fungsi Sungai Deli di Kota Medan ini dimulai dengan susur sungai dari Kanal Marendal hingga Dermaga Avros.
Pada kegiatan itu, peserta diajak untuk melihat bagaimana kondisi Sungai Deli yang sesungguhnya.
Aksi susur sungai ini kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh BWS, komunitas-komunitas peduli Sungai Deli dan lingkungan, serta undangan-undangan dari pemerintahan.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut II, Roy Pardede mengatakan, masyarakat saat ini kurang memiliki kesadaran akan betapa pentingnya sungai bagi kehidupan.
"Di mana-mana, sungai memang tempat bermukimnya masyarakat. Di mana ada sungai, di situ ada pemukiman. Saya lihat kebanyakan dari kita kurang ada budaya untuk menjaga kebersihan sungai. Saya lihat banyak tumpukan sampah saat susur sungai tadi," ujarnya.
Menurutnya, timbul semacam kebiasaan pada masyarakat yang mungkin telah berubah menjadi budaya untuk menganggap sungai sebagai tempat membuang sampah. Padahal, sungai merupakan ekosistem tempat makhluk hidup dan bisa menjadi tempat wisata.

Roy menambahkan, hal tersebut menjadi masalah utama saat ini. Untuk itu, BWS tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.
"Kita harus membangun budaya di masyarakat. Kemudian, jangan sampai ada pikiran sungai itu halaman belakang, jadi bisa buang sampah di sana. Sungai itu halaman depan. Perlu kesadaran bersama bahwa sungai itu tempat kehidupan," katanya.
Selain sarasehan, susur sungai dan penanaman pohon, kegiatan ini juga menggelar sekolah sungai yang dilaksanakan oleh Go River. Yayasan ini mengundang siswa SD dan SMP Al Hidayah untuk diajarkan tentang arti penting sungai bagi kehidupan.


Dalam peringatan Hari Air Sedunia ini, kita ajak mereka untuk tahu, apa sih pentingnya sungai," ujar Ketua Yayasan Go River Ahmad Hakiki.
Ikut menjaga kebersihan sekitar Sungai Deli, sebagi mitra BWS, Ahmad berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan. Sehingga memiliki dampak yang baik dari tahun ke tahun.
"Harapannya momentum seperti ini jangan dilaksanakan hanya secara seremonial saja. Tapi BWS, selaku yang berwenang, mau membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat. Kita mau ada program yang berkelanjutan, jangan stagnan," pungkasnya.(ceria)


Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276