Kapolda Sumut, Mendadak Melakukan Peninjauan dan Inspeksi Secara Langsung Ke Kantor Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polrestabes Medan


Medan, (SHR) Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw mendadak melakukan peninjauan dan inspeksi secara langsung ke kantor  Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polrestabes Medan Jalan Adinegoro Medan, Selasa (06/3/2018).
Sebelumnya Kapolda Sumut juga melakukan peninjauan ke kantor Pengurusan Sertifikat Pelatihan SIM di Medan Safety Driving Centere (MSDC) bertempat di Jl. Bilal Ujung No.195, Medan Timur.
Saat melakukan peninjauan tersebut, Kapolda Sumut turut didampingi oleh  Dir lantas Polda Sumut, Dir Sabhara Polda Sumut,  Kapolrestabes Medan  dan  Kasatlantas Polrestabes Medan.
Saat berada di kantor Medan Safety Driving Centere (MSDC) milik dari seorang anggota DPRD Kota Medan  Drs. Wong Chun Sen/Tarigan tersebut, Kapolda Sumut mengecek Lapangan praktek uji kompentensi SIM untuk pelatihan motor dan mobil serta ruangan pelatihan ujian teori serta ruangan yang ada di gedung MSDC tersebut.
Salah satu instruktur menjelaskan kepada Kapolda Sumut bahwa  tempat pelatihan SIM tersebut menyediakan fasilitas berupa Mobil Type Xenia 3 unit, Ayla 1 unit, Truck 1 unit (3 manual, 1 matic)dan Motor/ Sepeda Motor sebanyak 13 Sepeda Motor.
Sarana tersebut disiapkan untuk menunjang kebutuhan dalam pelaksanaan pelatihan di MSDC.  Tempat pelatihan yang sering dipergunakan masyarakat yang hendak mengurus SIM tersebut juga menyediakan peralatan keamanan seperti  Helm dan Deker untuk menjamin keselamatan para peserta pelatihan saat melakukan latihan praktek.
Kapolda Sumut juga dijelaskan bahwa Jumlah instruktur pada tempat pelatihan tersebut sebanyak 16 orang, dan biaya pelatihan yang dikenakan kepada masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan untuk motor dan mobil pribadi sebesar Rp. 421.000,-. Sementara untuk pengendara truk yang ingin mengikuti pelatihan dibebankan biaya sebesar  Rp. 551.000.
Usai kunjungi tempat pelatihan MSDC  di Jalan Bilal, Kapolda Sumut kembali melakukan sidak kunjungan ke kantor Satlantas Polrestabes Medan.
Kapolda Sumut mendatangi tempat uji kompetensi SIM tersebut dan mengecek lapangan praktek uji SIM. Kapolda juga mengecek beberapa ruangan di gedung SATPAS tersebut seperti ruang tunggu pemohon SIM, ruang ujian teori SIM serta ruang foto. Kapolda Sumut menyapa masyarakat pemohon SIM yang sedang menunggu tahapan prosedur pembuatan SIM.
Sementara itu, Kapolda Sumut dalam arahannya kepada Dir Lantas dan Kasat Lantas saat peninjauan di Satpas Polrestabes Medan menyampaikan untuk memperbaiki jalur yang mempersulit masyarakat dalam pengujian praktek pembuatan SIM.
“Apabila peserta yang sudah datang untuk pembuatan SIM, dilayani dengan segera agar tidak menunggu dengan lama,” pesannya.
Kepada para masyarakat pemohon SIM yang hadir, Kapolda Sumut menegaskan masyrakat yang hendak melakukan pengurusan SIM dapat langsung dilakukan di Satpas atau penyelenggaraan pembuatan SIM di Polrestabes Medan Jalan Adinegoro.
“Tempat pembuatan sertifikat mengemudi MSDC yang di Bilal tersebut tidak ada berkaitan dengan Kepolisian dan tidak ada relevansi khusus dengan kelulusan dalam uji kompetensi SIM. Hanya tempat untuk latihan mengemudi agar masyarakat lebih mahir dan tahu berkendara yang baik dan aman,” ujarnya.
Kapolda mengatakan prosedur pembuatan SIM ini juga berguna untuk mengetahui dan bagaimana berprilaku saat mengemudi semestinya.
“Jalan adalah milik semua orang, saling menghargai satu dan yang lain ikuti ketentuan, jangan percaya dengan orang lain, karena saat ujian menggunakan komputer dan tidak ada bantuan dari orang lain sebanyak 30 soal ujian teori,” ujarnya.
Kapolda mengakui Kepolisian masih dituntut untuk memperbaiki pelayanan dengan sebaik-baiknya baik menggunakan media elektronik dan lainya.
Kapolda Sumut juga menyampaikan dalam mekanisme proses pelayanan pembuatan SIM di Satpas Polrestabes Medan sudah cukup baik.
“Jangan ada percaya dan yang mengurus SIM kepada calo, karena pola Kepolisian adalah transparansi serta jangan mudah percaya dengan pihak yang lain,” pesannya.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276