Polda Sumut Mendapat Hibah Kendaraan Roda Dua Sebanyak 500 Unit


.
Medan, (SHR) Pemprov Sumut memberikan hibah kendaraan roda dua sebanyak 500 unit guna mendukung kegiatan operasional Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini bertempat di Lapangan KS. Tubun Mapolda Sumut, Senin (05/02/18) pukul 09.30 Wib.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten I Prov. Sumut Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Sumut Ir. Aspan Sofian Batubara, MM, Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Agus Andrianto,SH, Irwasda Polda Sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolres/Tabes jajaran Polda Sumut, Kasat Binmas Polres jajaran Polda Sumut dan personil Bhabinkamtibmas yang mendapat kendaraan.

Usai penghormatan pasukan dan laporan komandan upacara kepada pimpinan upacara, Gubernur Sumatera Utara Ir. T. Erry Nuradi dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menyerahkan kendaraan roda dua Kawasaki KLX-G150 secara simbolis kepada perwakilan Bhabinkamtibmas.
Sebanyak 500 kendaraan roda dua Kawasaki KLX-G150 dihibahkan kepada Bhabinkamtibmas dari 17 Polres jajaran Polda Sumut antara lain:
– Polres Deli Serdang : 60 kendaraan
– Polres Tebing Tinggi : 30 kendaraan
– Polres Binjai : 27 kendaraan
– Polres Langkat : 57 kendaraan
– Polres Madina : 70 kendaraan
– Polres Simalungun : 20 kendaraan
– Polres Asahan : 7 kendaraan – Polres Labuhan Batu : 70 kendaraan
– Polres Tapanuli Utara : 10 kendaraan
– Polres Dairi : 20 kendaraan
– Polres Tapteng : 45 kendaraan
– Polres Nias : 5 kendaraan
– Polres Tobasa : 30 kendaraan
– Polres Humbahas : 7 kendaraan
– Polres Nias Selatan : 4 kendaraan
– Polres Serdang Bedagai : 18 kendaraan
– Polres Pelabuhan Belawan : 20 kendaraan
Kegiatan berlanjut dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemprovsu, amanat dari Gubernur Sumut dan Kapolda Sumut, pemeriksaan kendaraan serta foto bersama dengan Bhabinkamtibmas.
Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas bantuan hibah kenderaan bermotor yang diberikan oleh Pemprov  Sumut.
“Semoga hibah ini semakin memperkuat perjanjian kerjasama (MOU) antara Pemprov Sumatera Utara, Kodam l/BB dan Polda Sumut, tentang tiga pilar plus; yakni dalam rangka membangun sinergitas antara Kepala Desa/lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat di tingkat desa dan kelurahan,” ujar Kapolda Sumut.
Sehingga, lanjut Kapolda, sinergitas tersebut dapat bersatu padu dalam melaksanakan pencegahan dan penyelesaiannya permasalahan di tingkat desa/kelurahan, serta warga masyarakat merasakan kehadiran aparatur di tengah-tengah masyarakat.
Kapolda Sumut lanjut memberikan agar para Bhabinkamtibmas bekerja dengan sungguh-sungguh dan menggunakan sarana yang sudah diberikan agar mendapatkan kepercayaan masyarat.
“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak deteksi dini di kewilayahan, merupakan representasi Polri yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi pencegahan (pre-emtif) secara sinergis dengan stake holders terkait dan potensi masyarakat, “ ujar Kapolda Sumut.
Kapolda Sumut mengungkapkan, idealnya, seorang Bhabinkamtibmas bertugas di 1 kelurahan/desa; namun karena masih terbatasnya jumlah personil, maka jumlah personil yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas saat ini baru berjumlah 2.168 personil, jika dibandingkan dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di sumut sebanyak 6.110; maka masih ada kekurangan sebanyak 3.942 Bhabainkamtibmas.
“Dengan bantuan hibah Motor, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat menjangkau wilayah yang sulit dan terpencil, sehingga kehadiran Polri bersama forum tiga pilar plus, dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam tugas Operasi Mantap Praja Toba-2018, dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 201,” katanya.
Hal ini sebagaimana point ke-7 program promoter, yaitu “membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas”. Diharapkan para pengemban fungsi Binmas juga berperan sebagai mata dan telinga pimpinan yang paling terdepan untuk melakukan deteksi dini (early warning system) terhadap setiap potensi gangguan kamtibmas sehingga para pengemban fungsi Binmas perlu diberikan penambahan sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan tugasnya di lapangan.
Sementara itu, Gubernur Sumut dalam sambutannya menyampaikan pemberian hibah sepeda motor ini adalah salah satu program kerja Gubernur Sumut dalam rangka mempercepat pembangunan dan menciptakan keadaan aman dan kondusif. Ia menyampaikan Program tiga pilar plus untuk mempersatukan aparatur negara, serta menjangkau lapisan bawah di desa/kelurahan dan semakin aktifnya peran tokoh masyarakat.“Program tiga pilar plus juga sbg penjabaran Nawa Cita Presiden untuk menghadirkan aparatur negara di lapisan bawah atau pedesaan, Program tiga pilar plus di Sumut telah diawali dengan penandatanganan MOU antara Gubernur Sumut, Kapolda Sumut dan Pangdam l/BB. Hari ini 500 unit sepeda motor  diberikan kepada Bhabinkamtibmas, untuk pembinaan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.Diharapkan dengan bantuan sepeda motor ini, Polri dapat terus meningkatkan kinerja sebagai sebagai aparatur masyarakat dan  negara.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.