Zumi Zola Kembali Diperiksa KPK

JAKARTA,SHR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka penyelidikan baru terkait kasus dugaan suap pengesahan APBD Jambi 2018. Lembaga superbodi itu kembali meminta keterangan sejumlah saksi. Salah satunya Gubernur Jambi Zumi Zola yang diperiksa di gedung KPK Jakarta kemarin (21/1).
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pemeriksaan orang nomor satu di Pemprov Jambi itu memang dalam konteks pengembangan perkara. Upaya itu dilakukan setelah KPK menemukan sejumlah fakta dan informasi tambahan dari penyidikan 4 tersangka saat ini. “Jadi dalam konteks pengembangan penanganan perkara,” ungkap Febri.
Sejauh ini, KPK masih melakukan penyidikan terhadap 4 tersangka dalam kasus yang dibongkar lewat operasi tangkap tangan (OTT) 28 November lalu. Tersangka tersebut terdiri dari unsur legislatif dan eksekutif. Mereka diduga terlibat dalam suap ketok palu Rp6 miliar terkait pengesahan APBD 2018.
Nah, dalam penyidikan 4 tersangka itu, diduga ada pihak lain yang terlibat. Baik itu sebagai penerima suap maupun pemberi uang. Bahkan, tersangka Arfan dan Erwan Malik sempat mengisyaratkan atasan mereka, yakni Zumi Zola, juga patut dimintai pertanggungjawaban. Sebab, Zumi ditengarai yang memberikan perintah menyuap anggota DPRD agar APBD Jambi segera disahkan.
Febri menerangkan, beberapa informasi dan fakta di penyidikan itu yang kemarin diklarifikasi ke Zumi untuk pengembangan perkara. Hanya, pihaknya belum mau membeberkan lebih lanjut hasil pemeriksaan itu lantaran proses hukum masih di penyelidikan. “Karena belum pada tingkat penyidikan, tentu tidak bisa bicara banyak untuk proses ini (pemeriksaan Zumi),” jelasnya.
Begitu pula soal tersangka baru, Febri belum mau berandai-andai. Menurut dia, sejauh ini baru ada 4 tersangka dalam skandal suap pengesahan APBD Jambi itu. Yakni, Arfan, Erwan Malik, Saipudin, dan Supriono. “Kami belum bicara tersangka baru,” tandasnya.
Sementara itu, Zumi yang kemarin diperiksa irit bicara saat dimintai konfirmasi. Dia hanya mengatakan, pemeriksaan kemarin sama seperti sebelumnya. Zumi pernah diperiksa KPK pada awal Januari lalu. “Sama, cuma pendalaman. Untuk detailnya silahkan tanya ke penyidik,” tuturnya usai diperiksa KPK. ( Geo )
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar