Terlantar Pasien Meninggal di RSUP Adam Malik

MEDAN,SHR - Seorang pasien berinisial JR,45, meninggal di RSUP H Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. Penyebab pasien ini meninggal karena diduga diterlantarkan oleh pihak rumah sakit.
Kasus ini dipublikasikan di Facebook oleh akun Lia Sianturi, yang disebut-sebut sebagai kemanakan dari mendiang JR.
Sejak dishare pada Minggu (21/1) lalu, status yang dibagikan Lia ditanggapi ribuan orang. Banyak dari masyarakat menyayangkan tindakan RSUP Adam Malik.
Kata Kepala Bidang Pelayanan RSUP H Adam Malik Medan dr Nurna Fauziah, Kamis (25/1), kepada wartawan mengakui pasien tersebut hendak mendapat perawatan. Namun, ruangan ICU rumah sakit penuh sehingga pasien dirawat di ruang biasa yakni Rindu A III.
Dijelaskan Nurna, pasien itu datang pada Minggu (21/1) pukul 09.05 Wib dengan kondisi kesadaran menurun. Karena dirawat di ruangan biasa, pasien berinisial JR itu kondisinya semakin drop.
“Pasien tidak sadar penuh. Dia mengalami infeksi paru-paru. Penurunan kadar gula darah dan terindikasi TBC,” katanya.
Memang, saat kondisi pasien menurun, keluarga sempat meminta JR dirujuk ke rumah sakit lain.
Namun, kata Nurna, rumah sakit punya prosedur, bahwa pasien yang hendak dirujuk ke rumah sakit lain kondisinya harus stabil terlebih dahulu. “Pasien kan kondisinya tidak stabil. Jadi harus distabilkan dahulu, baru dirujuk,” katanya.
Ia kembali mengungkapkan kekecewaannya ada di RS Kuta Cane yang merujuk JR. Harusnya, rumah sakit di sana menanyakan dulu ke RSUP H Adam Malik tentang ketersediaan ruangan dan alat medis di rumah sakitnya.
Nurna juga mempersilakan keluarga korban jika ingin menempuh jalur hukum. “Mungkin pihak keluarga merasa tidak senang atau tidak sesuai dan boleh saja mengajukan keberatan,”jelas Nurna.
Ironisnya, pihak RSUP H Adam Malik Medan belum menemui keluarga korban. Kasus-kasus seperti ini kerap kali terjadi di RSUP H Adam Malik Medan. Masalahnya pun menyangkut perilaku oknum pegawai yang terkesan mengabaikan keselamatan pasien..( CER )
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar