KRI Teluk Bintuni-520 Gagalkan Perompakan

JAKARTA,SHR – KRI Teluk Bintuni 520 dengan Komandan KRI Mayor Laut (P) Suroto M.Tr.,(Hanla) berhasil menggagalkan upaya perampokan yang dilakukan di atas terjadi di atas Tug Bout (TB) Dabo 105 yang tengah melaksanakan pelayaran di perairan Selat Berhala.
Informasi adanya upaya perompakan tersebut, diperoleh KRI Bintuni 520 melalui kontak Radio FM Ch.16 dari TB.Dabo 105 pada posisi 00⁰ 44’ 302” S – 104⁰ 24’ 455” T yang sedang melaksanakan pelayaran dari Jambi menuju Pontianak.
Dalam laporan tersebut, Nakhoda TB. Dabo melaporkan bahwa terdapat 2 orang tak dikenal yang telah naik ke Tug Bout dengan menggunakan perahu dan diindikasi akan melaksanakan perompakan.
Mendapatkan informasi perompakan, KRI Teluk Bintuni yang saat itu tengah mendukung Latihan Ratsus (Pendaratan Khusus) Pasmar – 2 Th. 2018, dengan mengangkut 568 personel Pasukan Marinir dibawah Pimpinan Letkol Mar Didik Iwan S. SE.,M.Tr.,(Hanla), bergerak cepat langsung menuju lokasi sasaran upaya perompakan terjadi.
Selanjutnya KRI Bintuni 520 melaksanakan peran tempur  bahaya umum serta peran  bahaya umum serta pemeriksaan dan penggeledahan terhadap TB. Dabo 105. KRI Teluk Bintuni-520 dengan cepat dan sigap kemudian melakukan manuver mendekat sasaran.
Pada proses komunikasi KRI Bintuni 520, memerintahkan untuk seluruh ABK TB. Dabo 105 tetap berada didalam anjungan dan dikunci, sehingga 2 orang terduga perompak tidak dapat melaksanakan kontak fisik dengan ABK TB.Dabo105.
Setelah mendekati sasaran, KRI Bintuni 520 melaksanakan Peran Sekoci dengan menurunkan LCVP 3 dan satu tim pemeriksa untuk melaksanakan gerakan mendekat menuju TB.Dabo 105. Setelah berhasil naik ke Tug Bout Dabo 105, secara sigap awak kapal KRI Teluk Bintuni 520 yang sudah terlatih, berhasil melumpuhkan 2 orang yang diduga perompak TB.Dabo 105.
Dari hasil pemerikasan diperoleh keterangan bahwa kedua orang terduga perompak tersebut, mereka tidak saling mengenal dan baru bertemu saat akan melaksanakan pelayaran dilaut serta keduanya tidak memiliki identitas diri.
Sementara itu berdasarkan pemeriksaan lanjutan di TB Dabo 105, tidak ada kerugian personil maupun material dan dokumen kapal TB Dabo 105 dan Tongkang Marine Power 2717 lengkap.
Selanjutnya KRI Teluk Bintuni 520 menahan kedua orang terduga perompakan dan membawanya ke Lanal Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah itu KRI Bintuni kembali melanjutkan operasi...( LBS )
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.