Dandim 0201/BS: Netralitas TNI dalam pilkada harga mati


Medan, (SHR) Bagi Kodim 0201/BS, menjaga netralitas TNI dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018 adalah harga mati dan akan memberikan sanksi berat bagi prajurit jajaran Kodim 0281/BS yang terbukti tidak netral.
Netralitas dari Kodim 0201/BS ini ditunjukkan dengan penandatanganan pakta integritas netralitas TNI dalam pilkada 2018 pada senin (29/1) pagi di Lapangan Benteng Medan yang dilakukan  oleh 16 Danramil di jajaran Kodim 0201/BS yang meliputi seluruh kecamatan di Medan dan 8 kecamatan di Deliserdang.
Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto didampingi Pasi Intel Kodim 0201/BS, Kapten Kav Prima Wahyudi dan seluruh Perwira Kodim 0201/BS kepada kontributor Elshinta, Prasetiyo mengatakan bahwa penandatanganan pakta integritas ini merupakan tindak lanjut petunjuk dari Panglima TNI ketika apel komandan satuan di Halim Perdanakusuma serta arahan dari Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri.
"Netralitas harga mati, TNI harus netral. Tidak boleh menggunakan sarana dan prasarana militer untuk kepentingan pasangan calon. Tidak boleh memobilisasi massa,"ucap Bambang.
Terkait netralitas tersebut, Kodim 0201/BS juga membagikan buku saku yang berisi pedoman tentang netralitas TNI kepada prajurit di jajarannya. Bambang juga menegaskan akan memberikan sanksi berat berupa sanksi administrasi yang berpengaruh terhadap karir dan penugasan oknum prajurit yang terbukti terlibat tidak netral saat pilkada 2018.
Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Herdensi Adnin mengapresiasi penandatanganan pakta integritas netralitas TNI yang dilakukan Kodim 0201/BS. Ia berharap, TNI bisa fokus membantu kepolisian dan KPU pada pelaksanaan pengamanan Pilkada.
"Memang di dalam undang undang, TNI sudah dilarang berpolitik. TNI harus berada di tengah-tengah. Bukan di bagian pasangan calon. Tapi bagian dari penyelenggaraan demokrasi supaya saat pilkada nanti bisa berjalan aman, damai dan tentram," ucap Herdensi.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar