PDIP Telah Serahkan Surat Tugas kepada 6 Balon KDh di Sumut


Medan, (SHR) PP PDIP telah menyerahkan surat tugas kepada 6 bakal calon kepala daerah (Balon KDh) bupati dan wali kota di Provinsi Sumut. Nama-nama balon yang mendapatkan surat tugas yaitu Bukit Tambunan (Kabupaten Dairi), Rencana Perangin-angin (Kabupaten Langkat), H Ali Sutan Harahap (Kabupaten Padang Lawas).

Selanjutnya, Andar Amin Harahap (Kabupaten Paluta), Drs Nikson Nababan (Kabupaten Taput), dan Ir H Zahir MAP (Kabupaten Batubara). Sedangkan surat tugas untuk balon di Kota Padang Sidimpuan dan Kabupaten Deliserdang, sedang diproses.

Hal itu dikatakan Ketua DPD PDIP Sumut Japorman Saragih SH dan Sekretaris DPD PDIP Sumut Drs Soetarto MSi secara terpisah kepada wartawan di Medan, Rabu (8/11). Japorman dan Soetarto mengingatkan dan mengharapkan bagi balon yang mendapatkan surat tugas itu agar melaksanakannya.

Mantan anggota DPRD Sumut ini menyebutkan ada tiga poin yang wajib dilakukan balon yaitu setiap calon yang akan diusung PDIP melakukan konsolidasi dengan struktur seluruh partai. Kedua, mencari partai berkoalisi. Ketiga, calon bupati dan wali kota agar mengusulkan wakilnya ke PDIP.

"Setiap balon yang telah menerima surat tugas hanya diberikan waktu dua minggu untuk menjalankan isi yang ada di dalam surat tersebut. Jika balon tidak mampu memenuhi isi surat tugas, maka DPP dan DPD memiliki hak melakukan evaluasi. Jika mampu memenuhinya, DPP PDIP akan mengeluarkan rekomendasi kepada calon kepala daerah yang akan diusung," jelasnya.

Soetarto menambahkan, surat tugas itu juga akan diberikan kepada balon gubernur yang akan diusung PDIP. Namun DPP masih mendalami nama-nama calon yang telah resmi mendaftar. "Saat ini, kita masih menunggu dari DPP. Kita belum bisa menyampaikan apa-apa soal balon gubernur dan wakil gubernur. Insya Allah bulan Desember 2017, surat tugas itu sudah dikeluarkan untuk balon gubernur," sebutnya.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (BP Pemilu) DPD PDIP Sumut Mangapul Purba menyebut ada 11 nama balon gubernur yang mendaftar resmi dan masuk dalam bursa PDIP. Namun, dari 11 nama tersebut, ada delapan balon yang selalu melakukan komunikasi dengan BP Pemilu DPD PDIP Sumut.

Kedelapan nama calon itu adalah Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Japorman Saragih SH, Letjen TNI Edy Rahmayadi, Maruarar Sirait, Tuani Lumbantobing, Sukur Nababan, Ngogesa Sitepu SH dan Efendi Simbolon. "Nama-nama yang saya katakan tadi, selalu melakukan komunikasi dengan BP Pemilu DPD PDIP Sumut," sebut Mangapul Purba via WhatsApp.

Ia mengatakan, PDIP saat ini sebagai partai pemerintah akan berupaya merebut kursi gubernur atau wakil gubernur. "Kita sangat punya kepentingan untuk itu, soal siapa orangnya itu nanti. Yang jelas, gerbong PDIP akan membawa cagub dan cawagub untuk membangun Sumut," ujarnya.

Mangapul mengaku pihaknya masih melakukan komunikasi dengan DPP supaya segera memutuskan nama cagub dan cawagub untuk kepentingan masyarakat Sumut. "Kita akan komunikasikan dengan DPP supaya segera diputuskan guna kepentingan masyarakat Sumut," tutur Wakil Ketua DPD PDIP Sumut ini. (ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276