Ops Nusa Aman II 2017, Cegah Kebakaran Hutan

Medan, (SHR) Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw memimpin apel gelar pasukan Ops Nusa Aman II 2017 dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera Utara di Lapangan KS. Tubun Mapolda Sumut, Senin (30/10/17) sekira pukul 07.30 Wib
Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Irwasda Polda Sumut, Para Pejabat Utama Poldasu dan peserta apel diikuti sebanyak 495 pasukan. Selain itu, Kapolda Sumut juga melakukan pengecekan terhadap personil dan peralatan.
Maksud dan tujuan gelar apel pasukan sebagai wujud kepedulian dan partisipasi untuk penanganan kebakaran hutan yang diprediksi cuaca dari BMKG diperkirakan tahun 2018 akan terjadi Anomali cuaca “Angin Elnino” dengan suhu udara panas dan kering serta hembusan angin kencang yang mudah menyebablan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kata Paulus
Berdasarkan informasi data dari BMKG, ada 69 titik api yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Utara untuk diantisipasi dengan langkah-langkah yang komprehensif dan terintegrasi.
“Lakukan aksi pre-emtif, preventif maupun penegakan hukum untuk meminimalkan perilaku pembakaran hutan atau lahan oleh perorangan maupun korporasi”, ucap mantan Kapolda Papua
Selain itu, untuk menekankan bahwa ada beberapa Critical Point (CP-red) yang perlu menjadi atensi bersama yakni, menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan (Land Clearing-red) dengan cara membakar hutan dan lahan.
Apabila menemukan titik api agar segera dilaporkan kepada pemerintah maupun Polri dan TNI untuk dilakukan pemadaman secara bersama-sama. Sementara, untuk para pelaku pembakaran hutan dan lahan agar diberikan tindakan yang tegas karena telah melakukan perbuatan yang melawan hukum dan tidak hanya merugikan masyarakat namun juga berdampak secara politik, ekonomi, sosial dan lingkungan.
“Tingkatkan sinegritas polisional antar stake holder terkait, sehingga darurat kabut asap dapat segera ditangani secara komprehensif dan tuntas”. tegasnya. (ceria)
 
 
 
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276