Ketua Persit Minta Kaum Ibu Periksa Dini Kanker Serviks

Medan,SHR ~ Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan, setiap tahun tidak kurang dari 15.000 wanita terserang kanker serviks. Kondisi ini menjadikan penyakit kanker serviks menjadi pembunuh nomor satu bagi kaum hawa, disusul kanker payudara di tempat kedua.
Hal ini disampaikan Kepala Rumkit Tingkat II Putri Hijau Medan, dr Kolonel Farhaan Abdullah, Sp THT, dalam sambutan acara Bakti Sosial Kesehatan (Baksoskes) Dharma Pertiwi Daerah A Kodam I/BB di Rumkit Tk II Putri Hijau Medan, Senin ( 25/9 ).
“Data Yayasan Kanker Indonesia itu sangat mengkhawatirkan kita, terutama oleh kaum ibu. Karenanya, pelaksanaan Baksoskes Dharma Pertiwi Daerah A Kodam I/BB yang didalamnya ada kegiatan pemeriksaan dini kanker serviks melalui test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), sangat kita dukung dan kita harapkan diikuti oleh para ibu, baik dari warga masyarakat sipil, PNS TNI, maupun istri prajurit,” kata dr Farhaan.
Diuraikannya lagi, sesuai data Yayasan Kanker Indonesia, di tahun 2016 tercatat 17,8 juta jiwa warga mengidap kanker, dan angkanya terus bertambah di tahun 2017 menjadi 21,7 juta jiwa (naik 3,9 persen).
Meningkatnya jumlah pengidap kanker dari tahun ke tahun di Tanah Air, lanjutnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya memprediksi akan terjadi lonjakan penderita hingga tujuh kali lipat di tahun 2030.
“Tentunya, lonjakan jumlah penderita kanker ini akan diikuti meningkatkan angka meninggal dunia, sehingga pemeriksaan dini kanker serviks melalui metode test IVA, sangat kita sarankan untuk dilakukan para kaum ibu,” ucap dr Farhaan lagi.
Ajakan Kepala Rumkit Tingkat II Putri Hijau Medan ini diapresiasi Ketua Persit KCK PD I, Tetty Cucu Somantri. Dalam sambutan pembukaan acara Baksoskes Dharma Pertiwi Daerah A Kodam I/BB, Tetty mengimbau seluruh istri prajurit, baik di jajaran TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan PNS TNI, serta masyarakat sipil, untuk bergegas memeriksakan diri.
“Pemeriksaan dini karker serviks ini sangat berguna bagi para ibu-ibu, karena penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu setelah kanker payudara,” ucapnya.
Menurut Tetty Cucu Somantri, dengan pemeriksaan dini kanker serviks, maka upaya menurunkan angka kematian dari kaum ibu bisa dilakukan secara maksimal.
Di kesempatan itu, Tetty Cucu Somantri tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung dalam menyukseskan kegiatan Baksoskes Dharma Pertiwi Daerah A Kodam I/BB.
“Saya berharap, Baksoskes ini bisa terus dibudayakan, baik secara bersama atau perorangan, dan tidak berhenti sampai di sini. Terima kasih kepada para pihak yang telah berkontribusi untuk menyukseskan acara ini,” katanya mengakhiri sambutan.
Pelaksanaan Baksoskes Dharma Pertiwi Daerah A Kodam I/BB ini dirangkaikan dengan acara penyambutan HUT ke-72 TNI tahun 2017. Selain pemeriksaan dini kanker serviks, acara yang diikuti ratusan massa dari TNI dan sipil itu juga menggelar pengobatan massal (150 orang), donor darah (100 orang), pemeriksaan kanker payudara, dan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada Warakauri yang diwakili lima orang.( RE )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276