Impian Universitas Harapan Terwujud

MEDAN,SHR -Yayasan Pendidikan Harapan (Yaspendhar) kini memiliki lembaga pendidikan tinggi yang baru.Sebab, empat kampus di bawah naungan yayasan yang sudah berkiprah sekitar 50 tahun itu yakni Sekolah Tinggi Teknik (STT), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) dan Akademik Manajemen Ilmu Komputer Harapan (AMIK), resmi bergabung menjadi Universitas Harapan (Unhar) Medan.
Ketua Umum Yaspendhar, Tapi Rondang Ni Bulan Lubis mengungkapkan, Unhar Medan resmi berdiri setelah menerima Surat Keputusan Menristekdikti Nomor: 459/KPT/I/2017, tentang Izin Penggabungan. Surat itu, diberikan melalui Kopertis Wilayah I Sumut pada Rabu (6/7/2017) kemarin.
“Universitas ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi baru di Sumut dalam bentuk penggabungan. Hal ini juga sesuai harapan pemerintah agar lebih efisien. Walau waktunya lama, kita tetap bersabar hingga izinnya keluar dari Kemenristekdikti,” ungkap Tapi Rondang didampingi Sekretaris H Syarifuddin Alinafiah MPA, Ketua I H Awaluddin Sibarani, Ketua II H Azmi Yulia MSP, Ketua III H Luswan Lubis IR dan Humas Syaiful Nasution saat memberi keterangan pers, Kamis (7/9/2017).
Dia memaparkan, persyaratan dari pemerintah untuk menjadi universitas minimal harus memiliki 10 prodi. Oleh karena itu, untuk memenuhi persyaratan maka pihaknya menambah satu prodi lagi yaitu Ilmu Hukum.
 Unhar Medan sudah memiliki lima fakultas yaitu ekonomi, teknik, bahasa, hukum dan ilmu komputer. Dari lima fakultas tersebut, terdapat enam prodi eksakta dan enam prodi non eksakta. Di antaranya, prodi manajemen, prodi akuntansi, prodi hukum, prodi teknik sipil, prodi bahasa asing, prodi teknik elektro dan lainnya,” sebut Tapi Rondang yang akrab dipanggil Teta.
Ia melanjutkan, dengan berdirinya universitas ini maka otomatis civitas akademika juga berubah. Sebagai contoh, sebelumnya adalah ketua dan direktur menjadi rektor, dekan, dan wakil-wakilnya.
“Unhar Medan adalah universitas ke-36 di bawah Kopertis Wilayah I Sumut. Untuk itu, terima kasih kepada Kopertis Wilayah I Sumut yang telah banyak membantu mewujudkan pendirian universitas ini,” kata Tapi Rondang.
Sekretaris Yaspendhar H Syarifuddin Alinafiah menambahkan, dengan hadirnya Unhar Medan secara otomatis diberikan akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT dengan peringkat C. Akreditasi tersebut berlaku secara maksimal hingga dua tahun ke depan.
“Kita akan terus melakukan upaya peningkatan akreditasi untuk meraih yang lebih baik lagi. Untuk akreditasi prodi masih tetap terakreditasi B. Jika tidak, mana mungkin kita bisa berubah menjadi universitas,( Red )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276