Dharma Pertiwi Gelar Baksos Kesehatan

Medan,SHR- Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-72 TNI Tahun 2017 Ketua Dharma Pertiwi Daerah ”A” Kodam I/BB, Tety Cucu Somantri memimpin kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) sebagai wujud nyata kepedulian Dharma Pertiwi dalam membantu Anggota TNI dan keluarganya serta masyarakat di Rumah Sakit TK II  01.05.01 Putri Hijau, Jalan Putri Hijau Medan, Senin (25/09/2017).
                                                                                                    
Dalam sambutannya, Tety mengatakan kegiatan Baksos yang dilaksanakan antara lain pemeriksaan IVA, donor darah dan pengobatan massal. "Kanker serviks jadi penyebab kematian nomor dua bagi perempuan di dunia setelah penyakit jantung koroner. Setiap dua menit, satu perempuan meninggal karena kanker ini. Untuk menghindari penyakit ini, sebagai Upaya deteksi dini kita lakukan melalui sosialisasi PAP Smear maupun inspeksi visual asam asetat (iva)," ujar Tety.
 
Metode iva, lanjut Tety, mudah, murah, dan memiliki keakuratan sangat tinggi dalam mendeteksi lesi atau luka prakanker hingga 90 persen. "Di samping itu, hari ini kita juga akan melaksanakan kegiatan donor darah dan pengobatan massal. Kegiatan donor darah juga tidak kalah pentingnya, karena setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya. Besar harapan kegiatan bhakti sosial ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, namun perlu lebih  dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis," paparnya.
 
Sementara itu, Karumkit I/BB Kolonel Ckm Dr Farhaan Abdullah SP THT mengungkapkan RS TK II Putri Hijau Medan memberi apresiasi kegiatan yang digagas Dharma Pertiwi Daerah ”A” Kodam I/BB. 
 
"Pasien dari masyarakat umum maupun keluarga prajurit yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Karya Bhakti social Darma Pertiwi telah melayani pengobatan umum sebanyak 200 orang, donor darah yang mendaftar 186 orang dan yang memenuhi syarat 111 orang. Sedangkan pemeriksaan IVA sebanyak 98 orang. Kegiatan ini ditujukan untuk mewujudkan dan terpeliharanya kemanunggalan TNI-Rakyat serta membantu tercapainya program Indonesia Sehat 2017," jelasnya.
                                                                                                        
Hadir dalam acara tersebut Aster Kasdam I/BB, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Kepala PMI UTD Cabang Medan, Ketua Koorcab I Daerah Jalasenastri Armada Barat, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 15/D.I Lanud Soewondo, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04 Kosekhanudnas III Cabang BS, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Mahmil Medan. (Rel)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276