SAMBUT HUT RI KE-72, PELINDO I BERSAMA SEJUMLAH BUMN, GELAR KARNAVAL BUDAYA DAN FESTIVAL KULINER

MEDAN - SHR
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, bersama PTPN 4, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Inna Hotel & Resorts menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, di Kota Medan, Sumatera Utara, pada 12 – 17 Agustus 2017. Rangkaian kegiatan ini antara lain, Upacara Bendera, Festival Kuliner, Jalan Sehat 5 km, dan Festival Karnaval Budaya. Selain itu, akan dilaksanakan program Bedah Rumah untuk 15 orang veteran terpilih yang diharapkan dapat rampung pada Desember 2017.
“Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 bagi warga Sumatera Utara khususnya Medan, merupakan salah satu wujud program BUMN Hadir Untuk Negeri, serta sebagai rasa terima kasih kami kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sekaligus sarana untuk mendekatkan BUMN kepada masyarakat sebagai stakeholders,” ujar Ade Maydwianda, PLH ACS Humas Pelindo 1, Minggu(06/08/17).
Rangkaian kegiatan dimulai dengan Festival Kuliner pada 12 - 13 Agustus 2017 di Lapangan Benteng, Medan.  Festival Kuliner ini akan dimeriahkan dengan beragam kuliner khas Aceh, Sumut, dan Riau, lomba kreasi lontong Medan, lomba fruit carving, serta demo masak oleh Chef Farah Quinn. Selain itu, Chef Farah Quinn, Direksi Pelindo 1 dan Arie Parikesit (host Kelana Rasa) akan bertindak menjadi juri lomba kuliner yang berhadiah total Rp25 juta. Festival kuliner tersebut bertujuan melestarikan dan mempromosikan makanan khas daerah Sumatera bagian Utara.
Selanjutnya pada 13 Agustus 2017, akan berlangsung Jalan Sehat 5 km, dan Festival Karnaval Budaya. Kegiatan Jalan Sehat 5 Km akan diikuti oleh hampir 6000 peserta, yang terdiri dari perwakilan seluruh BUMN yang berada di Sumatera Utara, pelajar, dan masyarakat umum. Panitia telah menyediakan sejumlah doorprize yang akan dibagikan kepada para peserta jalan sehat.
Kegiatan Festival Karnaval Budaya akan diisi dengan karnaval atraksi budaya oleh seluruh peserta dengan titik start dan finish berpusat di Lapangan Benteng. Karnaval Atraksi Budaya akan dilombakan dengan dua kategori yaitu umum dan instansi dimana masing-masing kategori akan dipilih Juara 1, 2 dan 3. Total Hadiah yang disediakan bagi peserta karnaval atraksi budaya sebesar Rp 100 juta. Festival ini bertujuan untuk melestarikan budaya serta menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara.
Kegiatan ini akan melibatkan seluruh BUMN, instansi pemerintah daerah, dan masyarakat di seluruh Propinsi Indonesia untuk turut serta memeriahkan kemerdekaan RI. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia khsususnya masyarakat Propinsi Sumatera Utara diharapkan untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Festival Karnaval Budaya dan Kuliner ini dapat menghubungi Ali Panggabean (0813 6287 7037).


Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 2 (dua) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL) dan PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK).
Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.
Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional. (Ariel)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276