Mustofawiyah Sitompul Resmi Dicopot Sebagai Pimpinan fraksi Demokrat


Mustofawiyah Sitompul
Medan,SHR- DPD Partai Demokrat Sumut secara resmi menyurati pimpinan DPRD Sumut dan fraksi FP Demokrat Sumut perihal ‘pencopotan’ pergantian susunan dan komposisi pengurus fraksi dibawah kepemimpinan Mustofawiyah Sitompul.
Hal itu diketahui ketika adanya surat DPD Partai Demokrat Sumut yang ditandatangani Ketua DPD Partai Demokrat Dr JR Saragih SH MH dan Sekretaris Hj Meilizar Latif SE MM tertanggal 2 Mei 2017 ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut serta tembusan Ketua Umum DPP Partai Demokrat di Jakarta dan Sekjen DPP Partai Demokrat di Jakarta. Namun hingga kini surat tersebut belum diproses DPRD Sumut.
Menanggapi adanya surat pergantian terhadap dirinya, Mustofawiyah menolak pergantian tersebut. Karena dianggap tidak sesuai mekanisme dan melanggar Tata Tertib (Tatib) DPRD Sumut.
Mustofawiyah juga menolak pergantian tersebut, karena tidak sesuai mekanisme yang diatur dalam tata tertib (tatib) dewan. Seharusnya, DPD Partai Demokrat terlebih dahulu menyurati dan menginstruksikan FP Demokrat untuk segera mengggelar rapat pemilihan pergantian komposisi dan susunan fraksi.
“Kemudian hasilnya disampaikan ke partai. Untuk selanjutnya partai meneruskan hasil tersebut kepada pimpinan dewan untuk ditetapkan atau diumumkan dalam rapat paripurna. Tapi partai tidak melakukan tahapan tersebut, sehingga kita menolak dilakukan pergantian, karena tanpa melalui mekanisme yang telah diatur dalam tatib dewan,” ujarnya beralasan.
Padahal dalam surat itu jelas disebutkan, berdasarkan hasil rapat pengurus DPD Partai Demokrat Sumut tertanggal 29 April, maka sudah perlu dilakukan perubahan susunan dan komposisi kepengurusan FP Demokrat DPRD Sumut. Hal ini sesuai dengan Pasal 40 ayat (3) huruf c, bahwa DPD berwenang menetapkan pimpinan fraksi, komisi dan alat kelengkapan DPRD.
Berkaitan dengan itu, ujar JR Saragih dan Meilizar Latif, DPD Partai Demokrat Sumut meminta pimpinan dewan untuk menjadualkan pengumuman perubahan susunan dan komposisi FP Demokrat dalam rapat paripurna dewan.
Adapun sususan dan komposisi pengurus FP Demokrat yang baru tersebut, yakni Penasihat HT Milwan, Mhd Syarif Rawi, Ketua Hj Meilizar Latif SE MM yang sebelumnya dijabat oleh H Mustofawiyah SE, Wakil Ketua Muhri Fauzi Hafiz, Sekretaris Rony Reynaldo Situmorang SH yang sebelumnya dijabat Sopar Siburian SH MH, Bendahara Lidiani Lase yang sebelumnya dijabat Jenny RL Brutu.
Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut Hj Meilizar Latief ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (17/8/2017) di Medan membenarkan, partainya secara resmi sudah menyurati pimpinan dewan untuk segera mengumumkan perubahan susunan dan komposisi pengurus FP Demokrat dalam rapat paripurna dewan. Tapi hingga kini belum dilaksanakan, padahal partai sangat berharap agar usulan tersebut disahuti lembaga legislatif.
Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman SSos terpisah juga mengatakan, pimpinan dewan belum bisa menjadualkan pengumuman pergantian tersebut melalui rapat paripurna dewan, karena belum ada surat pergantian dari FP Demokrat. “Mekanismenya harus ada usulan dari FP Demokrat, baru bisa kita jadualkan di paripurna..( Leo )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276