Amerika Serikat Ikut Berpartisipasi Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi di Sumut



MEDAN,(SHR) - Satu di antara program kerjasama Amerika Serikat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yaitu proyek pengelolaan air dan sanitasi.Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. menyampaikan bahwa Amerika Serikat bangga dapat bermitra dengan Pemerintah Indonesia. Mita kerja sama maksud Donovan ialah, Akses Universal untuk air bersih dan sanitasi layak di Tahun 2019.“Kita tahu bahwa air bersih penting bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari,” ujar Donovan di dalam sambutannya, Rabu (5/7/2017).

Sambutan tersebut dilakukan Donovan pada acara peresmian Proyek USAID, Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS). Acara tersebut diadakan di Kedai Durian, Medan Johor, Medan.Pada kegiatan tersebut hadir Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi dan Walikota Medan Dzulmi Eldin.Di dalam sambutannya, Gubsu menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan terus meningkatkan kualitas layanan sanitasi dan akses pada penyediaan air yang lebih baik untuk masyarakat.Menurutnya, Pemprovsu memiliki target untuk mengembangkan produk air minum dan sanitasi yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah serta dapat diakses oleh semua pihak.“Kami berharap kemitraan dengan Amerika Serikat dapat mengatasi masalah keterbatasan air minum dan sanitasi yang buruk yang dapat mengakibatkan penyakit. Saya berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.
Donovan menjelaskan, poyek USAID IUWASH PLUS sebesar 39,6 juta dolar bekerja di 8 provinsi untuk meningkatkan layanan air minum dan sanitasi di Indonesia, dengan fokus utama 40 persen penduduk termiskin.Pada Sumatera Utara, menurut Donovan USAID IUWASH PLUS bekerja pada lima kota/kabupaten.
Ia juga menjelaskan, selama lima tahun, proyek itu akan menyediakan peningkatan akses air bersih bagi 1 juta penduduk dan peningkatan akses sanitasi layak bagi 500.000 penduduk di Indonesia.(*)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276