Kapolda Sumut yang baru, orang Papua, istrinya boru Pasaribu



Medan, (SHR) Kapolri menugaskan putra Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, berdasarkan TR nomor ST/1408/VI/2017 tertanggal 2 Juni 2017.

Paulus Waterpauw diketahui baru sebulan setengah menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan Mabes Polri. Hal ini tentunya sebuah kejutan karena ia dipercaya pimpinan untuk menjadi pucuk pimpinan di Polda Sumut.

Dikutip dari Wikipedia, suami dari Roma boru Pasaribu ini, sudah dua kali menjabat Kapolda, yakni Kapolda Papua Barat, Desember 2014-Juli 2015, dan Kapolda Papua dari Juli 2015-April 2017. Paulus juga pernah menjadi Wakapolda Papua mulai dari Oktober 2011-Desember 2014.
Dalam TR Kapolri tanggal 2 Juni 2017 tersebut, ada 109 pejabat yang dimutasi, satu pejabat yang cukup menonjol pergeserannya adalah kursi Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Irjen Anas Yusuf, yang digeser menjadi Analis Utama di Lemdiklat.

Sementara posisi Irjen Paulus Waterpauw sebagai Wakabaintelkam diisi oleh Brigjen Lucky Hermawan yang saat ini duduk sebagai Karo Renmin Baintelkam.

Kemudian, Kapolda Maluku Utara diserahkan oleh Brigjen Tugas Dwi
Aprianto kepada Brigjen Achmat Juri. Tugas naik pangkat jadi Irjen
sebagai Sahli Sosbud Kapolri.



Selain itu juga ada empat kursi Wakapolda yang akan diserahterimakan. Mereka yakni Wakapolda Sulsel dari Brigjen Gatot Eddy Pramono kepada Brigjen Mas Guntur Laupe.

Begitupula Wakapolda Jatim Brigjen Gatot Subroto yang akan diganti oleh Brigjen Awan Samodra. Wakapolda Maluku dari Brigjen Musa Ginting kepada Brigjen Daniel Pasaribu

Dan, Wakapolda Kalsel dari Kombes Ade Rahmat Suhendi akan diserahkan kepada Kombes Nasri.(ceria)

Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276