TPL Abaikan Masyarakat Adat

Taput,SHR- PT. Toba Pulp Lestari Tbk, perusahaan pabrik pulp dan kertas dalam pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di kawasan Desa Ranggitgit, Kecamatan Parmonangan, Tapanuli Utara, terindikasi tidak menaruh perhatian terhadap kelestarian lingkungan dan keharmonisan dengan alam sekitar termasuk masyarakat sekitarnya.
Kurang lebih 7 bulan, tumpukan kayu-kayu eucalyptus dan limbah pemanenan pohon dari HTI yang dikelola PT.TPL, dibiarkan menutupi alur sungai Siunong-unong yang merupakan sumber air Masyarakat Adat Ranggitgit.

Keadaan kawasan Sungai Siunong-unong, Desa Ranggitgit, Tapanuli Utara (Foto- Edward Siregar)
Keadaan kawasan Sungai Siunong-unong, Desa Ranggitgit, Tapanuli Utara 

Hal ini disebutkan Edward Siregar Siregar, warga Masyarakat Adat Ranggitgit, melalui akun Facebook-nya yang telah dikonfirmasi kepemilikannya, Kamis (20/4/2017).
“Tumpukan kayu Eukalyptus berkisar 500 ton yang menutupi sungai Siunong-unong, di Desa Ranggitgit, kurang lebih 7 bulan teronggok,” sebut Edward dalam postingan di akun Facebook-nya, yang telah terkonfirmasi.

Kayu dan limbah panen kayu menutup alur Sungai Siunong-unong (Foto: Edward Siregar)
Kayu dan limbah panen kayu menutup alur Sungai Siunong-unong.

Edward juga menyebutkan hal itu sudah sangat mengganggu kehidupan warga Masyarakat Adat Ranggitgit.
“Ini sudah sangat meresahkan masyarakat Adat Ranggitgit. Akibatnya sungai tercemar. PT.TPL seolah sengaja merusak sumber mata air masyarakat,” sebutnya dan meng-upload foto-foto dari lokasi di Sungai Siunong-unong.

Sedimentasi di Sungai Siunong-unong (Foto: Edward Siregar)
Salah satu kondisi Sungai Siunong-unong.

Sebelumnya, Edward menyebutkan pihak PT.TPL pernah berjanji akan melakukan perbaikan atas kerusakan lingkungan yang menyebabkan tercemarnya Sungai Siunong-unong.
“TPL janji akan melakukan perbaikan, nyatanya inilah, dampaknya sungai kami ditutupi tumpukan kayu eukaliptus,” terangnya dalam postingan pengantar pada salah satu videonya di akun Facebook.
Belum diperoleh informasi tentang adanya pihak atau instansi pemerintah, baik daerah maupun instansi vertikal, yang turun ke lokasi untuk menangani permasalahan lingkungan yang terjadi di Desa Ranggitgit ini.( Rel )
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276