Kapolda Sumut Buka Rakernis Fungsi Binmas 2017 Sejajaran Polda Sumut


Medan, (SHR) – Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr. H Rycko Amelza Dahniel M.Si membuka rapat kerja teknis (rakernis) fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) 2017 sejajaran Polda  di Aula Tribrata markas Polda Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan, pada Rabu (5/4/2017).
Dalam pertemuan tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur Sumut  Ir. H Tengku Erry Nurad,  Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol. Andi Ludiyanto, Kapusham UNIMED Majda El Muhtaj, SH. MH., Kakesbanglinmas Provinsi Sumut Suryadi Bahar, Sh. MH., dan perwakilan MUI Sumut Dr. Pangeran Harahap, MA serta seluruh pejabat utama Polda Sumut dan seluruh personil Binmas jajaran Polda Sumut.
Kegiatan rakernis tersebut mengambil tema “Fungsi Binmas Jajaran Polda Sumut Siap Mewujudkan Polisi yang Profesional Modern dan Terpercaya”.
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting mengatakan rakernis tersebut merupakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan dan memastikan kesiapan fungsi binmas dan jajaran dalam mendukung kebijakan pemerintah dan kebijakan pimpinan Polri.
“Sehingga dapat menjabarkan kebijakan Kapolri dan Commander Wish dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibas). Fungsi Binmas lebih siap dalam mewujudkan penyelenggaraan harkamtibmas.” kata Kombes Rina.
Kapolda Sumut pada sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubsu atas kesediaannya menghadiri rakernis tersebut.
“Terimakasih dan penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada Gubernur atas dukungan dan kerjasama yang sinergis bersama Polda Sumut dan jajaran.” ujar Kapolda Sumut.
Sementara Kapolda Sumut dalam arahannya berharap melalui rakernis ini fungsi bhabinkamtibmas dapat melakukan tindak pencegahan terhadap kriminalitas dan bermitra dengan babinsa, kepala desa/ lurah dan tokoh masyarakat. Pencegahan tersebut dengan mengedepankan kegiatan pembinaan dan penyuluhan, door to door system serta sambang desa dll.
“Bhabinkamtibmas juga harus memiliki fungsi deteksi dini untuk mencari potensi timbulnya gangguan kamtibmas dan melaporkan kepada pimpinannya.” ujar Irjen Rycko.
Kapolda Sumut juga memerintahkan para bhabinkamtibmas untuk menjadi problem solving dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan kearifan lokal.
Polda Sumut juga telah meluncurkan aplikasi Polisi Kita Sumut untuk mendekatkan Polisi kepada masyarakat dan memudahkan pelayanan masyarakat berbasis TI serta meningkatkan partisipasi publik dalam pemeliharaan kamtibmas.
Diakhir sambutannya, Kapolda Sumut meminta kepada para peserta rakernis agar dapat mengikuti rakernis ini dengan sungguh sungguh dan dapat memberikan feedback atas materi yang disampaikan.
“Kepada narasumber juga agar menyampaikan materi yang terkini, secara dinamis dan dialogis sehingga peserta dapat memberikan feedback atas materi yang disampaikan.” tutup Kapolda dalam sambutannya.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.