Asrama Polisi Bebas Narkoba Dideklarasikan


Medan (SHR) - Dari sekitar 14 juta penduduk Sumatera Utara, setidaknya 350 ribu orang berusia 10-50 tahun terdampak narkotika. Khusus di Medan, setidaknya dari 50 orang 1 di antaranya positif narkoba.
Hal itu disampaikan Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Andi Loedianto dalam arahannya, Jumat (7/4), pada pendeklarasian lingkungan bebas narkoba di asrama Polri (Aspol) Teladan, Kecamatan Medan Kota.
"Dari catatan kami saat ini ada sekitar 800 narkotika jenis baru di dunia. Dari angka tersebut, di Indonesia ada 48 jenis baru dan yang baru bisa dijerat oleh Undang-Undang baru sekitar 13 jenis," jelasnya.
Lebih jauh, komitmen untuk mewujudkan lingkungan bebas narkoba harus diapresiasi. Sebab, pengguna narkoba bukan saja mencelakai diri sendiri, tapi juga berpotensi mencelakai lingkungan tempat tinggal kita.
"Jika di lingkungan tempat tinggal ada yang terlibat, baik itu menggunakan atau mengedarkan narkoba dan kita mengetahui tapi tidak kita laporkan, kita juga turut serta dalam perbuatan itu. Mengetahui tapi tidak melaporkan," tegasnya.Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan, peredaran sabu di Indonesia setiap tahunnya mencapai 215 ton. Kalau dibagi 365 hari, setidaknya ada sekitar 750 kg sabu yang beredar di Indonesia.jika diperkecil lagi untuk skala Sumut, lanjut Kapolrestabes, peredaran sabu per harinya sekitar 250 kg. Untuk di Medan sendiri, yang merupakan tempat peredaran narkotika khususnya sabu paling produktif di Sumut, per harinya ada sekitar 100 kg sabu yang beredar.
"Dengan rincian tersebut kita hanya tinggal menunggu waktu dan harus menangkal agar anggota keluarga kita tidak terjerat dalam pengaruh narkoba. Kalau kita tidak mau peduli dengan kondisi ini, ancaman narkoba tidak bisa kita tangkal," ucapnya.Kapolrestabes menambahkan, sekitar 70 persen tahanan saat ini terlibat kasus narkoba. Jadi, yang paling penting saat ini adalah bagaimana menumbuhkan daya tolak untuk mengatakan tidak dengan narkoba.Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Tobing menyebut, untuk mewujudkan lingkungan bebas narkoba di asrama Polri, sebelumnya sudah dibentuk Tim Binluh dan penegakan hukum. Bukan itu saja, pihaknya juga akan merilis daerah bebas narkoba di Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Medan Kota."Selain mendeklarasikan lingkungan bebas narkoba di Asrama Polri Teladan, besok juga kita akan mendeklarasikan daerah bebas narkoba di Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Medan Kota. Kami harap komitmen ini bisa dijalankan dengan baik dan didukung semua pihak," tukasnya.(ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276