Wah...Ribuan Napi Rutan Tanjung Gusta Butuh 'Bilik Asmara'

MEDAN(SHR) – Ribuan tahanan dan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA-Tanjung Gusta, Medan membutuhkan fasilitas ruang kasih sayang atau bilik asmara. Fasilitas itu dibutuhkan untuk menyalurkan kebutuhan biologis para tahanan jika keluarga (suami/istri) mereka datang menjenguk.
Hal itu terungkap saat kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan dan anggota Komisi III lainnya ke Rutan Tanjung Gusta, pada Rabu 8 Maret 2017.
“Iya, kita dapat masukan. Katanya untuk makan dan minum mereka tidak ada masalah. Cuma kebutuhan biologis yang tak tersalurkan. Mereka berharap agar ada ruang kasih sayang. Seperti kamar biologis lah,” kata Trimedya.
Trimedya mengatakan, sudah menyampaikan aspirasi para warga binaan itu untuk Kementerian Hukum dan HAM melalui managemen rutan. Ia pun berharap agar ruang tersebut bisa segera direalisasikan.
“Mudah-mudahan bisa segera. Termasuk juga perbaikan fisik rutan secara keseluruhan. Karena tahun lalu kan sebenarnya Sumut sudah dapat bantuan senilai Rp180 miliar. Kita pikir itu (dana) bisa dialokasikan untuk itu juga,” jelasnya.
Trimedya menambahkan, kunjungan kerja mereka ke Sumatera Utara untuk meninjau langsung kondisi Lapas dan Rutan di Sumut. Peninjauan dilakukan untuk mendengar aspirasi para warga binaan guna mengantisipasi terjadinya kerusuhan seperti yang terjadi di Jambi beberapa hari lalu. 
“Kami datang memastikan Kementerian Hukum dan HAM selaku pengelola Lapas dan Rutan dapat menjamin hak-hak warga binaan. Hak-hak yang dimaksud bukan hanya soal makan dan minum, tapi juga terkait dengan PP 99,” pungkasnya.
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276