USU Optimis Tembus 10 Besar Terbaik



Medan, (SHR) Rektor Uni­ver­sitas Suma­tera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu sangat optimis, universi­tas yang baru dipimpin­nya 14 bulan mampu me­nembus 10 besar uni­versitas terbaik yang akan dirilis Kemenristek Dikti pada Agustus men­da­tang. Ke­op­ti­misan itu di­dasari atas penca­pai­an USU yang kian pe­sat se­masa dijabat Rektor Prof Runtung.
“Atas perjuangan banyak pihak kami optimis, akan menjadi 10 besar yang terbaik menyalip uni­ver­sitas-universitas yang ada di Su­matera. Saya yakin itu ka­re­na ca­paian USU sangat luar biasa, ini ber­kat kerja keras semua pi­hak,” kata Prof Runtung dalam aca­­ra sarasehan dengan media ce­tak dan elektronik di Ruang IMT GT, Rabu (22/3).
Ia menjelaskan, capaian yang pe­sat di antaranya dilihat dari pro­gram percepatan akreditasi. Pada 2015 hanya ada 13 program studi yang berakreditasi A, sementara pada 2016 ini berjum­lah 31 pro­gram studi. Yang tak kalah mem­banggakan juga adalah ber­ha­sil­nya 8 program studi meraih ser­ti­fi­­kasi ISO dan dua di antaranya pe­­ringkat gold.
Pada bidang publikasi ilmiah, rektor mengatakan saat ini terjadi peningkatan 253 persen. Dari sebe­lum­nya hanya 139 tulisan kini men­jadi 352 tulisan. Dan pada se­mester pertama tahun ini telah diper­siap­kan 569 judul artikel yang akan dimuat di jurnal in­ternasional be­reputasi. “Kena­ikan ini terjadi ka­rena adanya kebijakan yang saya buat. Yakni me­reka yang menulis di jur­nal in­ternasional akan mendapat in­­tensif sampai Rp20 juta,” te­gas­nya.
Bidang penelitian juga me­nga­la­mi peningkatan yang luar biasa. Jika pada 2015 hanya 122 judul pe­nelitian, makan 2016 mening­kat menjadi 569 judul atau me­ning­­kat hampir 460 persen. Selain itu USU juga tengah mendukung dua dosen yang sedang mengikuti kom­petisi Inku­bator Bisnis Tek­no­­logi (IBT) yang diseleng­ga­rakan Kemenris­tek­dikti.
Selain itu juga ada tiga yang dikomer­sialisasikan melalui pro­gram Kemen­ristekdikti, yakni ha­sil penelitian Dr Tulus Ikhsan Na­sution dengan dua produk yaitu Alat Pendeteksi Kelemba­pan Ta­nah dan Alat Pendeteksi Dia­betes Melalui Nafas. Juga hasil peneli­tian Ir Lilis Sukeksi be­rupa pem­bua­tan Sabun Mandi dan Shampo Ba­yangan Natural berbahan utama mi­nyak kepala.
“Pada bidang kekayaan inte­lek­­tual, sejak 2016 hingga saat ini tercatat dua paten dari pe­ne­li­tian dosen USU sudah ber­ser­ti­fikat, juga sebanyak 18 pemohon paten biasa dan 12 paten seder­hana yang su­dah didaftarkan dan da­lam proses pemeriksaan, serta tu­juh hak cip­ta sedang diproses oleh Ke­men­kum­ham,” ujar Rek­tor Prof Run­tung dengan gembira.
Rektor menjelaskan saat ini aset USU juga dikelola dengan baik, sementara pada sumber daya dosen, untuk mengatasi rasio an­­tara dosen dan mahasiswa pi­hak­nya telah merekrut dosen tetap non pns dan dosen khusus. “Se­la­ma ini ti­dak ada penerimaan dosen PNS sudah hampir lima tahun, karena­nya terjadi penuru­nan 1,85 persen,” katanya.
Atas pencapaian-pencapaian itu, Prof Runtung mengatakan pada 2016 USU naik 9 peringkat, dari se­belumnya pada 2015 pe­ringkat 38, saat ini berada di pe­ring­kat 29. “Pada 2017 ini kita tar­get­kan tem­bus 10 besar ter­baik,” ujarnya pe­nuh optimis.
Pada kesempatan tersebut, Prof Run­tung yang didampingi Wakil Rek­tor I Dr Fidel Ganis Siregar dan Wakil Rektor IV Prof Bus­tamy Syam serta Wakil De­kan II FISIP USU M Arifin juga me­nyam­paikan bahwa daya tam­pung USU untuk program S1 ber­tam­bah menjadi 7450 maha­sis­wa atau naik 400 mahasiswa dari sebelum­nya.
Penerimaan tahun ini juga ber­beda dari tahun sebelumnya, di­mana USU akan mengelola sen­diri ujian masuk mandirinya se­cara otonom dan tidak lagi berga­bung ke panitia gabungan seperti se­belumnya. “Kita sudah siapkan tim­nya dan tahun ini akan ter­lak­sana ini juga atas arahan dari Ke­menristekdikti, daya tampung uji­an mandiri USU ini sebesar 30 per­sen.” ujarnya.
Pada acara sarasehan itu turut ha­dir para staf ahli rektor di an­ta­ranya Prof Dharma Bakti juga be­berapa dekan, yakni Dekan FIB USU Dr Budi Agustono dan Dekan FISIP USU Dr Muryanto Amin, Direktur RS USU dan jajarannya serta undangan lain­nya.(ceria)


Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276