Pengidap HIV/AIDS di Siantar dan Simalungun Rata-rata Usia Muda


SIANTAR, (SHR)  -Kasus HIV/Aids di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun semakin meningkat setiap tahunnya.Ironisnya, banyak yang mengidapnya masih diusia remaja.
“Kasus HIV di Siantar dan Simalungun memang cukup menghawatirkan. Rata-rata yang terserang virus tersebut berada diusia produktif,” ucap Tri Utomo dari Kelompok Sebaya yang mendampingi orang dengan HIV/Aids (ODHA) saat ditemui di lapas kelas II A Siantar, Rabu (2/3/2017)
Tahun 2017 sampai dengan  Febuari, ada 62 kasus HIV/Aids yang mereka temukan di Siantar dan Simalungun. Rata-rata yang terkena merupakan usia produktif, berkisar usia 45 tahun ke bawah. “Namun banyak juga yang terkena virus tersebut berada di usia 19 tahun,” jelasnya
Rata-rata yang terkena virus tersebut, karena perilaku seks bebas dan penyimpangan seksual.  Selanjutnya, kasus tersebut karena penggunaan narkoba.
Namun dari data yang tersedia, ada juga kasus yang mereka temukan kepada anak-anak, karena orangtuanya mengidap virus tersebut. Menurutnya, penyebaran virus HIV memang sangat menghawatirkan dan harus menjadi perhatian semua pihak.
Menurutnya, virus HIV ini sebenarnya tidak mudah menular dan penularannya pun sangat terbatas melalui darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu. Tetapi persepsi publik selama ini sangat berlebihan. Sehingga kerap mendiskriminasi para penderita HIV/Aids.Saat ini, pihaknya terus mendampingi para ODHA dalam mendapat pelayanan Care Support Treatment (CST) dan Voluntary Counseling Test (VCT) untuk penderita HIV dan AIDS“Tahun 2016 kalau tidak salah di Siantar ada 600 ODHA dan angkanya juga tidak jauh berbeda dengan Simalungun,” ucapnya.
Sementara itu, untuk warga binaan diLapas kelas II A Siantar.  Sampai dengan awal Maret ini, ada sembilan warga binaan yang terinveksi HIV/Aids.
Tri Utomo mengatakan, lima orang karena pengaruh seks bebas dan penyimpangan seksual. Dua orang karena narkoba dan dua orang karena tertular dari pasangan mereka.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.