Ini Tips dari Polisi untuk Orangtua, Agar Anak Terhindar dari Penculikan


BINJAI, (SHR) - Menanggapi maraknya pencurian anak yang viral di media sosial, Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu angkat bicara. Pasalnya fenomena ini juga meresahkan warga Binjai.
"Kami dari kepolisian resort binjai menyampaikan kepada masyarakat berkaitan maraknya berita tentang penculikan anak, agar tidak menjadi resah yang berlebihan namun tetap mewaspadainya dan melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi berkembangnya informasi tersebut," ujarnya saat berbincang bersama jurnalis di warkop jurnalis, Binjai, Kamis (23/3/2017).
Dia mengatakan, ada beberapa tips yang harus diajarkan kepada anak untuk mengatisipasi hal-hal negatif terhadap anak agar terhindar dari penculikan.
"Kita harus mengajarkan kepada anak tentang cara menolak secara halus ajakan atau tawaran terhadap orang yang tidak dikenal. Ajarkan juga kepada anak kebiasaan untuk meminta izin kepada orangtua ataupun guru saat akan pergi atau ada keperluan. Serta ajarkan anak untuk menghindar atau lari dari orang yang mencoba berbuat sesuatu yang tidak baik pada anak ataupun berteriak dan mencari pertolongan ," kata mantan Kaden Gegana Gorontalo tersebut.
Menurutnya para orangtua juga harus tingkatkan pengawasan saat membawa anak ketempat keramaian. Serta ajarkan anak untuk menghubungi petugas keamanan baik Satpam atau polisi bila terpisah saat berada di tempat keramaian.
"Jangan lupa ajari anak mengenali nama orangtua serta anggota keluarga lainnya dan menghapalkan nomor telepon yang harus dihubungi bila terpisah dari keluarganya," tambahnya.(ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.