Warga Gurukinayan Demo Tuntut Bantuan Relokasi Sinabung

 
Kantor BupatiTanahKaro

Kabanjahe,Sumatera Utara, (SHR) Puluhan warga Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, yang sekarang bertempat tinggal di luar Desa Gurukinayan, menggelar demo ke kantor Bupati Karo, kemarin, menuntut biaya bantuan relokasi akibat bencana erupsi gunung Sinabung, segera direalisasikan.
Mereka mendatangi kantor bupati sekitar pkl 10.30 WIB, hendak bertemu langsung dengan  Bupati Karo Terkelin Brahmana, menuntut realisasi  bantuan relokasi rumah dan tanah mereka tinggalkan di Desa Gurukinayan Kecamatan Tiganderket yang harus direlokasi karena berada di zona merah erupsi gunung Sinabung.
Kehadiran warga disambut Plt Sekdakab Karo Jernih Tarigan, SH didampingi Kasatpol  Satpol PP Drs Perlindungen Karo-Karo di gerbang masuk kantor bupati.  Jernih dan Perlindungen mengatakan, Bupati Terkelin Brahmana sedang tugas luar di Jakarta terkait pengusulan jalan alternatif Karo-Langkat. Namun, warga tidak yakin sehingga sempat terjadi dialog dan warga berusaha menerobos masuk menemui langsung Bupati Karo.
Setelah diadakan negoisasi, warga diperkenankan masuk halaman kantor dan beberapa perwakilan mengadakan pertemuan di kantor Bupati dengan Plt Sekda dan sejumlah pejabat lainnya. Dalam pertemuan tersebut, Plt Sekda menjelaskan, data calon penerima bantuan relokasi kepada warga Desa Gurukinayan bertempat tinggal di luar Desa Gurukinayan yang disampaikan kepada BPBD Karo masih diverifikasi, sehingga belum dapat direlisasikan. Untuk menindak lanjutinya BPBD Karo telah menjadwalkan pertemuan pada Senin mendatang.
Pertemuan tersebut akhirnya menemukan kata sepakat, setelah wakil Bupati Karo Cory S Sebayang  hadir memberi penjelasan sekitar pkl 15.30  WIB. Menurut Cory, data jumlah penerima dana bantuan relokasi akan diverifikasi pada rapat  dilaksanakan Senin mendatang. Verifikasi akan dilakukan sesuai dengan fakta lapangan melalui gambar bangunan desa  yang akan ditayangkan pada rapat nanti. Kevalidan data harus diutamakan.
Untuk itu, kata Cory didampingi Plt Camat Tiganderket dan pajabat BPBD Karo perlunya saksi-saksi menyatakan kepemilikan bangunan ataupun lahan di Desa Gurukinayan. Dengan demikian, kata Cory, data yang ada benar-benar akurat kebenarannya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan untuk diberikan bantuan relokasi. Penjelasan ini dapat diterima warga dan menyatakan akan hadir pada pertemuan Senin. Selanjutnya warga meninggalkan kantor bupati dengan tertib.
Sementara itu, menurut Tomson Surbakti  didampingi Bas Ukurta Sitepu dan Budi Utomo Sembiring, jumlah warga  Desa Gurukinayan yang tinggal di luar Desa Gurukinayan memiliki rumah dan lahan diajukan menerima bantuan relokasi  sebanyak 865 KK. Data tersebut katanya sudah di sampaikan sejak Agustus 2016 lalu.
Sedangkan, sejumlah 778 kepala keluarga lainnya yang tinggal di Desa Gurukinayan lainnya telah direalisasikan bantuan relokasi.  “Seharusnya kepada kami juga diberikan bantuan sebagaimana menurut ketentuan, karena kami juga memiliki rumah/bangunan dan lahan di Desa Gurukinayan walaupun kami sekarang bertempat tinggal di luar Gurukinayan,”tegas Tomson. (ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276