JR Saragih Adakan Konsulidasi Di Kab.Samosir



Samosir,SHR- Peran para pemimpin agama sangat besar dalam upaya menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Simalungun, JR Saragih dalam pertemuan dengan para pemuka agama Katolik dan para Pastor di Gereja Katolik Paroki Santo Mikhael Pangururan, Samosir, Rabu (15/2).
JR Saragih dalam pertemuan dengan para pemuka agama Katolik dan para Pastor di Gereja Katolik Paroki Santo Mikhael Pangururan, Samosir

Selain menjaga kerukunan antar umat beragama, peran pemuka agama juga sangat besar dalam melestarikan budaya dan bahasa asli tradisional daerah kita," katanya.

JR Saragih menjelaskan, saat ini dirinya sangat prihatin terhadap perkembangan teknologi yang sebagian besar memicu terjadinya pergeseran budaya di tengah masyarakat. 

Tanpa adanya kepedulian dari kalangan pemimpin agama dan pihak sekolah maka hal ini menurutnya akan membuat warga Sumatra Utara kehilangan budaya dan bahasa asli.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut ini berharap, seluruh lapisan masyarakat khususnya para pemuka agama memberikan perhatian lebih terhadap persoalan ini. Lewat ceramah agama, lewat sekolah-sekolah yang berada di bawah yayasan keagamaan, ia berharap agar nilai-nilai budaya asli tetap disampaikan kepada generasi muda.

Hal serupa diutarakan oleh Pastor Nelson Sianggang selaku Pastor Gereja Katolik Paroki Santo Mikhael Panguruan. Ia menuturkan bila pendalaman keagamaan di Sumatera Utara sudah mulai berkurang. 

Berbeda di zaman dahulu, dimana pendalaman keagamaan sangat diutamakan, dan ini harus dikembalikan kembali,” ungkapnya.

Biarkan bertumbuh budaya asalnya, yang terpenting harus memiliki rasa mencintai sesama. Generasi muda harus selalu menjunjung rasa hormat pada sesama walau berbeda suku, agama, ras dan golongan. Bukan belajar untuk menguasai sesama. Kita harus sama-sama membangun budaya asli ini," tambahnya.

Selain itu, dirinya berpesan agar tak memiliki rasa ingin memaksakan kehendak untuk melakukan sesuatu yang sifatnya pribadi. Namun, biarkan kultur budaya tetap bersatu...( Marbun )

Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276