Buruh Kopkarpel PT Pelindo Sebentar Lagi Sampai Di Istana Presiden, Semangaat!!


BELAWAN - SHR  Sebanyak 350 orang karyawan pekerja di bawah naungan Koperasi Karyawan Pelabuhan Belawan Pelindo I Belawan melakukan aksi long march dari Belawan hingga Jakarta. Para buruh PT Pelindo Belawan ini akan mengadukan nasib mereka langsung  kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Minggu malam (05/02/17).
Hal ini dikatakan oleh Ketua Kordinator Wilayah (Korwil) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sumut, Nicolas Sutrisman SH yang didampingi Wakil Ketua Korwil SBSI Sumut, Arsula Gultom dan Ketua DPC SBSI Kota Medan, April Waruwu, Oscar Pakpahan, (Ketua PK SBSI), dan Sekretaris, Suherman beserta puluhan perwakilan dari PT.Pelindo I Belawan
Aksi long march dengan berjalan kaki dari Kota Medan menuju Kota Jakarta ini dilakukan oleh para pekerja inti di PT.Pelindo 1 Belawan lantaran tidak berjalannya pengawasan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan dan Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara. Selanjutnya dikeluarkannya kebijakan oleh pihak Perusahaan PT Pelindo I Belawan yang sepihak dan secara tiba-tiba untuk mengalihkan ratusan buruh pekerja kepada Perusahaan pemborong bernama PT Kuda Inti Samudra yang sampai saat ini, parah buruh pekerja inti tersebut tidak pernah mengetahui dimana kantor dan legalitas dari perusahaan out scorching tersebut. Selain itu, kebijakan perusahaan yang sangat tidak manusiawi yang telah dilakukan oleh manajemen PT Pelindo, yakni mencoba menghilangkan hak-hak normatif pekerja dengan menghilangkan masa kerja para pekerja buruh yang sudah bekerja lebih dari 16 tahun menjadi nol tahun.
“ Selaku pengurus SBSI wilayah Sumatera Utara yang mendampingi para pekerja buruh inti itu, sangat menyayangkan kebijakan dari Direktur PT Pelindo yang akan mengalihkan ratusan pekerjanya ke perusahaan out sourching, artinya tidak dapat dilakukan out sourching, karena operasional dan aktivitas di Pelabuhan Belawan ditangan mereka. Mereka diantaranya para pekerja Telli, Operator Side Loader(SL), Reach Steakers(RS), Liebher, Head Treal, Stepator, dan operator Trado. Jika salah satu dari jabatan ini tidak bekerja, maka akan terjadi kelumpuhan di PT Pelindo I Belawan, sehingga tidak pantas jika mereka di kelompokkan kepada katagori out sourching.” Terang Nicolas.
senada dengan Nicolas, Arsula Gultom, Wakil Ketua Korwil SBSI Sumut, Arsula Gultom juga menambahkan bahwa diharapkan perjuangan yang dilakukan oleh para pekerja ini akan dapat membawa hasil yang mereka harapkan yakni diangkat menjadi karyawan di PT Pelindo I Belawan, sesuai masa kerja mereka yang sudah belasan tahun. “ Inilah bukti ketidak mampuan pemerintah Kota Medan dan Sumatera Utara serta instansi terkait dan membela kaum pekerja buruh yang ada di provinsi Sumatera Utara ini, khususnya Kota Medan.” Pungkas Arsula Gultom
Menurut info beredar para buruh Koperasi karyawan pelabuhan Belawan (kopkarpel) saat ini sudah berada disekitaran Palembang dan tak lama lagi menuju Istana, "Sudah di sekitaran Palembang kami bang, sebentar lagi nyampek Istana Presiden" kata buruh yang enggan menyebutkan namanya itu via seluler. (Ariel)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276