Klenteng Cikong Tien Gelar Ritual Dewa

Peduli Imlek dengan membagikan sembako


Medan, (SHT)Klenteng Cikong Tien menggelar perayaan ulang ta­hun Dewa Go Sin Ciang Kun pada 20 Januari men­datang di Jalan Gagak Hitam (Ring Road) No 158 Medan Sunggal.
"Tradisi perayaan ulang ta­hun Dewa Go Sin Ciang Kun ini merupakan kegiatan rutin ta­hunan oleh Klenteng Ci Kong Tien," ujar Wakil Ketua Klen­teng Darwin Ng didampingi Lo Chu Go Sin Ciang Kun Antho­ny Bandreas (Betik) dan juru kun­ci klenteng Suhu Jordan J Richtsse di Medan, Senin (16/1).
Disebutkannya, perayaan ulang tahun dewa itu akan di­lakukan dengan berbagai pro­sesi ritual.
Beberapa ritual yang dila­kukan yakni Penjemputan De­wa (Ciap Sin), Pelelangan Ka­lung Emas Dewa Go Sin Ciang Kun, Koi Kuan/Melewati Ger­bang Kesusahan/Tolak Bala (Ci Siak), Persembahan Ti Khong Tan dan Pemberian Tau Kim Cua Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ritual Sembahyang Nam Tau Pak Tau dan Pengantaran Dewa Dwi ke Langit (Sang Sin Khi Ti).
Peduli Imlek
Selain itu,  di saat bersamaan juga dilakukan kegiatan sosial yakni pemberian paket semba­ko peduli Imlek. Tercatat ada 888 pa­ket sem­bako yang akan dibagikan kepa­da keluarga pra sejahtera yang ada di Kota Me­dan dan se­ki­tarnya.
Paket sembako yang berasal dari sumbangan para do­natur itu berupa beras 10kg, si­rup dua botol, miinstan satu kotak dan sarden satu kaleng.
"Pemberian paket sembako ini merupakan bentuk kepedu­lian pihak klenteng terhadap warga yang merayakan Hari Imlek 2568," ujar Darwin.
Di tempat terpisah Ketua Umum Klenteng Cikong Tien Eddy Tju dan Penasihat Dels­man Gunawan  me­nyebutkan, melalui kegiatan itu sekaligus memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para pejabat daerah ini ter­jaga kese­hatannya dan tabah men­jalankan roda pemerinta­han ini.
"Selain itu kita mendoa­kan agar tingkat per­eko­nomian  ma­syarakat Indonesia pada 2017 ini me­ningkat dan keama­nan di setiap wilayah Indonesia lebih kon­dusif. Kita juga berdoa agar seluruh umat manusia mendapat berkah da­lam menja­lani kehidupan ini," tambah Dels­­man Gunawan. (ceria)
Share on Google Plus

About Swara Hati Rakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276